Golkar Jatim Terjunkan Timsus Evaluasi Turunnya Suara 

Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 1 Juni 2019 - 06:30

JATIMNET.COM, surabaya – Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Jawa Timur akan menurunkan tim khusus untuk mengevaluasi menurunnya perolehan suara pada Pemilu 2019 di tingkat kabupaten/kota.

"Setelah Lebaran akan bentuk tim untuk terjun ke lapangan mencari tahu penyebabnya," kata Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur, Zainudin Amali saat diwawancarai usai kegiatan Evaluasi Perolehan Suara di Kantor DPD Golkar Surabaya, Jumat 31 Mei 2019.

Ia menyebutkan, suara Golkar untuk tingkat provinsi dan nasional memang meningkat dibandingkan pemilu sebelumnya. Perolehan di Jawa Timur pada Pemilu 2019 lalu sebanyak 13 kursi dan secara nasional mendapat  85 kursi.

BACA JUGA: Hasil Pileg Golkar Turun, 25 DPD Desak Percepatan Munas?

Meningkatnya perolehan suara tersebut, kata dia, faktor utamanya dipengaruhi oleh kinerja calon legislatif di masyarakat. Selain itu, kata dia, secara nasional dan provinsi lebih mudah dipandu dan dikomando oleh pengurus partai.

“Kami akan mencari tahu apa penyebab turunnya suara di tingkat kabupaten/kota. Akan kami evaluasi," kata dia.

Menurutnya, salah satu kota yang suaranya meningkat adalah Surabaya yang pada pemilu sebelumnya memperoleh empat kursi, kini lima kursi. Sedangkan salah satu kota yang suaranya merosot adalah Sidoarjo.

BACA JUGA: Kader AMPI Siap Turun ke Gelanggang Politik Jatim

Ia menyampaikan, hasil perolehan suara Pemilu 2019 akan menjadi pelajaran bagi partai untuk meningkatkan perolehan suara pada Pemilu 2024 mendatang.

"'Kami yakin Pemilu 2024 nanti lebih siap dan meningkatkan perolehan suara karena sudah mengetahui medannya," kata Zainudin.

Karenanya, Zainudin berharap hasil evaluasi yang akan dilakukan nanti menghasilkan laporan yang dapat dikaji untuk pengurus pusat. Sehingga pada pemilu selanjutnya bisa menjadi dasar untuk strategi meningkatkan perolehan suara.

Baca Juga

loading...