Game Ini Bisa Hentikan Kecanduan Merokok

Nani Mashita

Kamis, 21 Maret 2019 - 12:59

JATIMNET.COM, Surabaya – Sebuah game horor diklaim mampu menghentikan kebiasaan merokok remaja. Game itu bernama ‘One Leaves’, dan sudah tersedia di Xbox.

Game ini menempatkan seorang pemain di sel bersama tiga remaja lainnya. Keempatnya harus bertarung untuk menjadi satu-satunya yang selamat dari labirin sebuah gedung yang menyeramkan.

Saat memainkan game, pemain menghadapi tantangan yang dihadapi oleh perokok. Pemain bisa lari dari sel, tapi hanya dalam waktu singkat karena merokok merusak paru-paru.

Asap rokok juga mengaburkan pandangan untuk bisa keluar dari gedung tersebut. Game ini dibuat oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat atau BPOM.

BACA JUGA: Enam Langkah Berhenti Merokok Di Tahun Baru

Game ini terinspirasi dari statistik bahwa tiga dari setiap empat siswa sekolah menengah merokok hingga dewasa. Permainan ini dirilis sebagai bagian dari kampanye pencegahan tembakau tembakau "The Real Cost" FDA, yang ditujukan untuk kaum muda yang berusia 12 hingga 17 tahun.

Kampanye anti-merokok dan anti-narkoba yang menargetkan remaja kadang kala tidak sesuai dengan yang diinginkan. Apalagi penggunaan rokok eletrik atau vapor kian meningkat di kalangan remja.

Hal ini yang menyebabkan angka pengguna tembakau di kalangan remaja meningkat menjadi 38 persen di tahun 2018, menurut CDC.

Langkah FDA yang menggunakan cara kreatif dengan citra horor di game One Leaves mendapat apresiasi berbagai pihak. Sutradara film Black Swan, Darren Aronofsky ikut berpartisipasi menciptakan trailer game ini.

Tidak hanya itu, bintang terkenal Fortnite, Ninja, ikut mentweet game tersebut. Dengan kekuatan bintang seperti itu, mungkin One Leaves akan dianggap lebih baik daripada kebanyakan PSA anti-merokok.

BACA JUGA: Ini Dampak dan Bahaya dari Rokok Elektrik

Gary Resch, direktur kreatif eksekutif FCB New York EVP mengatakan latar belakang permainan ini ada di gedung SMA, rumah sakit dan sebagian di "neraka".

“Misi kami, bersama dengan FDA, adalah untuk memberikan statistik kecanduan '3 dari 4' yang kuat dengan cara yang benar-benar provokatif dan pengalaman," katanya dilansir dari www.prnewswire.com, Kamis 21 Maret 2019.

“The Real Cost” pertama kali dikembangkan oleh FCB pada tahun 2014 dan telah berhasil mencegah hampir 350.000 remaja dari merokok. Setiap remaja yang berisiko dicegah menjadi perokok, ada penghematan biaya medis sebesar USD 181.000 - USD 31 miliar pada saat ini hingga ke depannya.

"Kekuatan ‘One Leaves' adalah membingkai ulang kecanduan rokok dengan cara yang lebih cepat dan cocok dengan para remaja itu. Jika Anda bermain dengan rokok, Anda akan terjebak," tambah Suzanne Santiago, FCB New York EVP, Direktur Manajemen Kelompok.

Baca Juga

loading...