Dahana Ekspor Bahan Peledak 37,5 Ton ke Australia

Rochman Arief

Rabu, 20 Maret 2019 - 22:29

JATIMNET.COM Jakarta – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang industri bahan peledak, PT Dahana melepas pengiriman 37,5 ton cartridge emulsion ke Northern Territory, Australia.

Direktur Pengiriman Operasi PT Dahana Bambang melepas pengiriman pertama ekspor cartridge emulsion ke Australia ini di Kawasan Energetic Material Center (EMC) Dahana, Subang, Jawa Barat, Rabu 20 Maret 2019.

“Bagi kami, ekspor ini akan meningkatkan daya saing produk bahan peledak Dahana di pasar Australia. Kami juga memperluas pasar dan sesuai dengan budaya PT Dahana yaitu aliansi global dengan perusahaan-perusahaan mitra di Australia," kata Bambang melalui keterangan resmi.

BACA JUGA: Terduga Teroris Sempat Melawan, Densus 88 Temukan 1 Karung Diduga Bahan Peledak

Produk Cartridge Emulsion ini diproduksi di pabrik Dahana, Subang yang nantinya akan dikirim kepada perusahaan Johnex Explosives, Australia.

Johnex Explosives melalui Letter of Intent (LoI) setiap tahunnya akan membeli Cartridge Emulsion dari PT Dahana sebanyak lebih kurang delapan peti kemas setiap tahunnya.

Pada tahun 2019 ini, Cartridge Emulsion yang dikirim ke Australia sudah sebanyak tiga peti kemas atau sebanyak 37.500 kg.

Sementara itu, General Manager Divisi Tambang Umum 2 PT Dahana, Abdul Haris Atbaro menyampaikan bahwa terjalinnya kemitraan dengan perusahaan di Australia, memungkinkan bagi Dahana memperluas pemasaran produk lain ke Negeri Kanguru itu.

BACA JUGA: Ekspor Jatim Didominasi Produk Pertanian

“Ekspor ini salah satunya adalah peluang untuk mengekspor pentolite booster 150 gram sekitar 40.000 pcs per tahun dan non electric detonator sekitar 30.000 pcs per tahun,” kata Haris.

Adapun Compliance and Supply Chain Officer Johnex Explosive, Heide Saenger mengatakan Australia menyambut baik kerja sama ini.

Dahana merupakan BUMN yang bergerak di bidang bahan peledak komersial dan pertahanan. Berkantor pusat di Subang, Dahana memiliki lini bisnis utama di bidang drilling and blasting, explosives manufacturing, related services dan defense related.

Dahana juga melayani sektor usaha pertambangan umum, kuari dan konstruksi, minyak dan gas, serta bahan peledak pertahanan. (ant)

Baca Juga

loading...