JATIMNET.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum memastikan sejumlah pertanyaan untuk debat kelima tidak bocor ke kalangan manapun.

Materi pertanyaan yang akan diujikan kepada Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Calon Presiden 02 Prabowo Subianto tetap aman tersimpan hingga menjelang debat Sabtu 13 April 2019 malam.

"Alhamdulillah aman dan diberikan menjelang debat. Tim panelis yang menyusun soal itu dikarantina," ujar Komisioner KPU RI Viryan Aziz, di Jakarta, Jumat 12 April 2019.

BACA JUGA: Saat Capres Mengeluh Jadi Tertuduh

Ia mengatakan acara debat pamungkas kedua kubu pasangan capres-cawapres tersebut dinyatakan siap untuk dilaksanakan Sabtu malam nanti.

Viryan menyebut KPU melakukan tiga kali gladi resik untuk mematangkan pelaksanaan debat itu. "Kami berharap masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden menyampaikan hal-hal yang terkait dengan visi misi program, yang dapat meyakinkan 192 juta pemilih," ujar dia menambahkan.

Sementara itu, sebanyak sekitar 3.000 personel gabungan TNI-Polri diturunkan untuk mengamankan debat capres cawapres yang bakal digelar di Hotel Sultan Jakarta.

"Debat sesuai jadwal KPU dilaksanakan di Hotel Sultan jam 20.00 WIB sampai selesai. Personel yang diturunkan 3.000 personel TNI-Polri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya Jakarta, Jumat 12 April 2019.

BACA JUGA: Kedua Kandidat Sama-sama Mengaku Korban Tuduhan

Argo menjelaskan pengamanan itu secara teknis terbagi dalam tiga ring. Ring pertama akan diamankan oleh Paspamres di dalam ruangan debat. Ring kedua dan ketiga akan diamankan oleh personel gabungan yakni masing-masing di lingkaran Hotel Sultan dan sekitar Hotel Sultan.

"Masyarakat, undangan, pendukung paslon yang ditentukan KPU itu parkirnya di dalam Hotel Sultan. Ini semua sudah kami komunikasikan dengan KPU dan masing-masing paslon," tutur Argo.

Pemilihan Presiden 2019 diikuti oleh dua pasangan calon. Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. (ant)