Cara Menjaga Kelembapan Kulit selama Ramadan

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 24 Mei 2019 - 07:44

JATIMNET.COM, Surabaya – Pada saat menjalankana ibadah puasa, kulit cenderung lebih kering karena tidak terhidrasi secara baik. Kondisi ini dipengaruhi beberapa faktor yang salah satunya minimnya asupan air mineral selama kurang lebih 13 jam.

Untuk menangani hal tersebut, Dokter Umum MedicElle Clinic Surabaya Puspita Dyah Ardyani menyarankan beberapa tips untuk menjaga kelembapan kulit pada saat menjalankan ibadah puasa.

“Untuk menjaga kelembapan kulit bisa dilakukan dari dalam maupun dari luar,” kata Puspita saat diwawancarai melalui telepon, Kamis 23 Mei 2019.

Pertama adalah perawatan kulit dari dalam. Caranya dengan memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Cara yang paling ampuh adalah meminum air mineral delapan hingga sepuluh gelas per harinya

BACA JUGA: Diet Sehat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

“Misalnya lima gelas saat berbuka dan tiga gelas saat sahur. Kalau misalnya bosan minum air mineral terus, bisa diganti dengan mengonsumsi asupan cairan lainnya," katanya.

Dia menjelaskan, cairan pengganti air mineral ini seperti mengonsumsi sup, buah-buahan, atau sayur-sayuran.

Selanjutnya tetap melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan bergizi, lanjut Puspita. Olahraga ini bisa dilakukan satu jam atau 30 menit sebelum berbuka puasa. Jadi ketika azan, harus langsung berbuka agar energinya kembali lagi. “Olahraga yang dipilih upayakan yang ringan, seperti jalan kaki atau lari kecil,” tutur Puspita.

Selain itu, perlu diimbangi dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang seimbang. Mulai dari yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan lain sebagainya.

Perlu diingat, kata dia, usahakan tidak mengonsumsi makanan kemasan, seperti ikan kalengan atau lauk yang dibekukan. Terakhir, Puspita menyampaikan untuk menghindari stress dan melakukan istirahat yang cukup.

BACA JUGA: Selamatkan Kulit dengan Beetabeauty Skincare

“Yang paling penting adalah harus beristirahat yang cukup dan menghindari stress. Keduanya, sama-sama berperan agar kulit tetap sehat di antaranya adalah tidak kering selama Ramadan,” kata dia.

Sedangkan untuk menjaga kelembaban kulit dari luar, Puspita menyampaikan bisa menggunakan pelembab, dan membersihkan wajah secara rutin saat beraktivitas.

“Pelembab bisa digunakan saat pagi hari. Tapi jika sudah merasa kering, harus dioleskan lagi,” tutur Puspita. Ia berpesan, di negara tropis seperti Indonesia, tabir surya atau pelembab menjadi satu hal yang tidak boleh dilupakan.

Dia menyarankan tabir Surya yang digunakan memiliki SPF 30, dan bisa bertahan selama lima jam. “Jadi kalau dipakai pukul 07.00 WIB, bisa bertahan sampai pukul 12.00 WIB,” tutur Puspita. Perlu diingat, kata dia, tabir surya sebaiknya digunakan 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga

loading...