BKD Jatim Ajukan Dua Ribu Formasi CPNS

Baehaqi Almutoif

Kamis, 13 Juni 2019 - 13:57

JATIMNET.COM, Surabaya - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur kembali mengajukan sekitar dua ribu formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Kepala BKD Jawa Timur Anom Surahno mengatakan, jumlah yang diajukan itu merupakan kebutuhan sesuai dengan angka pegawai yang pensiun hingga akhir tahun 2019.

“Sekitar 2.098 yang diajukan ke kementerian," ujar Anom, Kamis 13 Juni 2019.

BACA JUGA: Tujuh Jabatan Eselon II di Pemprov Jatim Kosong

Dari jumlah yang diajukan itu, lanjutnya, belum tentu disetujui seluruhnya. Anom mencontohkan, BKD Jawa Timur pada tahun 2018 mengajukan 2.242 formasi ke Kementerian PAN RB, namun hanya 1.964 lowongan yang dibuka.

"Pengumumannya kemungkinan satu bulan setelah penyerahan formasi ke kementerian, sekitar Agustus," ujar Anom.  

Informasi yang didapat BKD Jawa Timur, penyelenggaraan CPNS untuk tahun ini diperkirakan Oktober 2019. Jika benar bulan itu dilakukan ujian, berarti pembukaan pendaftaran bisa dilangsungkan Agustus.

BACA JUGA: Hari Pertama Masuk Kerja, 718 ASN Pemprov Jatim Absen

Anom melanjutkan, dari sekitar dua ribuan formasi yang diajukan masih didominasi lowongan guru. Setidaknya ada sekitar 25 persen untuk tenaga pendidikan ini. "Kedua baru kesehatan," ungkapnya.

Untuk tenaga kesehatan ini, kata Anom, BKD Jatim mengajukan sekitar 154 formasi untuk dokter spesialis, meski pada tahun lalu formasi ini tidak ada yang mengisi.

Baca Juga

loading...