Gilas Audi

Reporter

Gilas Audi

Rabu, 20 Maret 2019 - 08:15

BARU sepuluh hari menjabat Kepala Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Haris Hasanudin (49) terciduk Komisi Pemberantasan Korupsi . Ia diduga menyuap Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy untuk mendapatkan kursinya.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik Haris di Operation Room Kantor Kementerian Agama di Jakarta pada 5 Maret 2019. Selain melantik Haris, menteri juga melantik 13 pejabat eselon II lainnya.

23 tahun lelaki kelahiran Trenggalek 1970 itu bekerja di Kemenag. Sebelumnya, alumnus IAIN (kini UIN) Sunan Ampel Surabaya itu menjabat Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Jatim. Pada 2013, ia pernah jadi Kepala Kantor Kemenag Gresik. Sesuai dengan LHKPN KPK, kala itu Haris mencatatkan diri punya kekayaan sebesar Rp 2,4 miliar.

Sehari setelah Haris tertangkap petugas anti rasuah, Menteri Lukman berjanji tak akan memberi bantuan hukum dalam bentuk apapun, serta segera memberhentikan pegawai Kemenag yang terlibat korupsi. “Ini merupakan bagian dari komitmen Kementerian Agama untuk bekerjasama dengan aparat penegak hukum, baik dalam pencegahan maupun penindakan tindak pidana korupsi,” katanya, Sabtu 16 Maret 2019.

Baca Juga

loading...