Bawaslu Minta Keamanan Pabrik Percetakan Diperketat

Baehaqi Almutoif
Baehaqi Almutoif

Minggu, 20 Januari 2019 - 20:13

JATIMNET.COM, Surabaya – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta keamanan diperketat di dua perusahaan percetakan, Temprina dan Puri Panca Pujibangun, yang mencetak kertas surat suara.

Usulan ini disampaikan Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengingatkan agar lebih selektif menerima pegawai yang berhak masuk pada saat melakukan proses percetakan surat suara.

“Kami akan atur dan SOP (standard operational procedure) sudah kami atur tertutup, khusus Bawaslu bisa masuk. Saya kira ini untuk keamanan, saya minta lebih diperketat lagi,” ujar Afif disela-sela kunjungannya ke PT Puri Panca Pujibangun, Minggu 20 Januari 2019.

Diakuinya, pengawasan surat suara memang menjadi prioritas dalam tahapan pemilu 2019. Pihaknya berharap tidak sembarang orang bisa masuk, karena itu bakal ada yang menjaga dari Bawaslu.

BACA JUGA: Cetak Surat Suara Perdana, Arief Budiman: Ini Bukan Hoaks

“Minimal setiap hari ada dua orang yang mengawasi. Kami ingin pabrik ini tertutup dan benar-benar steril,” ungkapnya.

Kordinasi segera dilakukan dengan Bawaslu provinsi dan kabupaten-kota untuk membantu mengawasi atau menyeleksi siapa yang boleh masuk pabrik. Ini dilakukan guna menjaga keamanan dari kertas suara selama masa cetak.

Sementara itu, Ketua KPU RI Arief Budiman berharap perusahaan yang telah ditunjuk untuk mencetak surat suara memperhatikan betul ditel sesuai yang dikirim. Logo partai, foto kandidat baik DPRD maupun DPD RI, serta warna harus sama dengan file KPU RI.

Yang terpenting, lanjut Arief, soal distribusi. Dia meminta perusahaan yang telah ditunjuk tidak salah alamat saat pengiriman.

BACA JUGA: Twitwar Andi Arief Vs Airmin Soal Hoaks Surat Suara Dicoblos

“Karena pemilu kita, pemilu proporsional, ada daerah pemilihannya. Maka surat suara itu hanya berlaku di dapil tersebut,” ungkap Airef.

Kalau surat suara itu terkirim ke daerah pemilihan atau dapil lain, tentunya tidak bisa dipakai. Kemudian yang terkahir adalah distribusi tepat waktu. “Kualitas bagus, jumlahnya bagus sesuai tidak kurang tidak lebih, ngirimnya tepat,” tandas mantan Ketua KPU Jawa Timur tersebut.

Sementara jumlah kertas suara yang dicetak di Jatim disebar di dua perusahaan yang terdiri atas PT Temprina Media Grafika mencetak 255.019.544 lembar, dan PT Puri Panca Pujibangun 107.714.950 lembar.

Baca Juga

loading...