JATIMNET.COM Shanghai – Grand Prix Cina tidak akan pernah dilupakan oleh dua pebalap, Lewis Hamilton dan Alexander Albon. Hamilton menjadi pebalap yang menjuarai Formula 1 edisi ke-1.000.

Pebalap Mercedes itu mengoleksi waktu tercepat satu jam 32 menit, 6,350 detik, sekaligus mengungguli rekan satu timnya, Valteri Bottas dan pebalap Ferrari Sebastian Vettel di urutan ketiga, pada balapan yang digelar Minggu 14 April 2019.

Albon tidak kalah istimewa. Dia mendapatkan poin berkat finish di posisi ke-10 setelah menyelesaikan 56 putaran. Padahal pebalap Toro Rosso itu balapan dari pit stop, menyusul tidak mengikuti kualifikasi 24 jam sebelumnya.

BACA JUGA: Alexander Albon tak Ambil Bagian Kualifikasi

Dengan strategi dua pit stop, Albon langsung tancap gas sejak keluar dari pit stop untuk memulai balapan. Dia melewati duo McLaren Lando Noris dan Carlos Sainz (di lap pertama), Robert Kubica (lap 3), George Russel (lap empat), dan Antonio Giovinazzi (lap enam).

Memasuki pit stop pertama, dia melewati George Russel (lap 22), Antonio Giovinazzi kembali dilewati kembali di lap 27, dan Kevin Magnusen menjadi korban di lap 34. Menutup balapan dia finish di posisi kesepuluh.

Pada 24 jam sebelumnya, Albon dipastikan tidak mengikuti kualifikasi menyusul kecelakaan pada sesi latihan bebas (free practice/ FP) ketiga. Dia menabrak dinding pembatas setelah berusaha melewati tikungan terakhir. Pada kecelakaan itu kondisi mobilnya rusak parah.

BACA JUGA: Lewis Hamilton Buka Rahasia Dapur di Sirkuit Shanghai

Setelah menyentuh garis finish dia mendapat kabar dari team radio, bahwa dia mendapat satu poin. “Ini sedikit aneh bagi saya,” katanya berbinar-binar, seperti dikutip Formula1.com, Minggu 14 Februari 2019.

Tak luput dia mendedikasikan poin tersebut untuk para insinyur dan mekanik yang telah menyiapkan mobil dengan baik. Menurutnya, kru telah menyiapkan sasis hingga larut malam. Selepas balapan, kru Toro Rosso menyambutnya bak jawara di dalam garasi tim.

“Saya sangat senang dengan hasil ini. Saya kira ini ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim, karena setelah FP3 itu terlihat agak suram, dan saya sedikit kecewa. Mereka telah bekerja dengan baik, poin ini untuk tim,” Albon memungkasi.

Tambahan satu poin membuat pebalap kelahiran Thailand itu mengoleksi tiga poin dengan menempati posisi ke-13, dari tiga seri pembuka.