JATIMNET.COM Shanghai – Toro Rosso mengumumkan pebalapnya Alexander Albon mengundurkan diri dari babak kualifikasi Grand Prix Cina. Pengunduran diri itu disampaikan tim menyusul kecelakaan pada seri latihan bebas ketiga di sirkuit Shanghai, Cina, Sabtu 13 April 2019.

Albon tidak mengalami luka-luka dalam insiden tersebut. Meskipun dalam kecelakaan itu mobilnya rusak cukup parah. Demikian dikutip dari Crash.net, Sabtu 13 April 2019.

Pebalap kelahiran London itu mengemudikan mobilnya dengan kecepatan 130 kilometer per jam. Pada saat memasuki tikungan terakhir, mobilnya terlalu melebar hingga keluar lintasan sebelum menabrak pembatas lintasan.

Sebelumnya pada sesi latihan bebas pertama, Albon berada di urutan ke-14. Namun pada sesi latihan bebas kedua, dia memperbaiki posisinya dengan naik dua strip. Hasil tersebut sedikit lebih baik dibanding rekannya Daniil Kvyat yang ada di peringkat ke-13.

BACA JUGA: Menanti Jawara Formula 1 Edisi ke-1.000

Kecelakaan itu memupus harapan Albon untuk mengikuti sesi kualifikasi. Akibatnya dia harus menjalani start dari posisi paling belakang pada balapan yang dilangsungkan Minggu 14 April 2019. 

Pada sesi latihan ketiga kali ini pebalap Mercedes, Valteri Bottas kembali menjadi yang tercepat. Sebelumnya dia telah menguasai sesi latihan bebas kedua pada Jumat 12 April 2019.

Pebalap Finlandia itu membukukan waktu tercepat dengan catatan waktu, satu menit 32,830 detik meninggalkan Sebastian Vettel. Pebalap Ferrari itu berada di posisi kedua dengan 0,392 detik lebih lambat.

BACA JUGA: Gasly Akui Paket Mesin Red Bull Butuh Pengembangan

Sementara pebalap Ferrari lainnya, Charles Leclerc menduduki peringkat ketiga dengan catatan waktu satu menit 32,248 detik, dan Lewis Hamilton (Mercedes) satu menit 33,689 detik menduduki posisi keempat.

Nico Hulkenberg sepanjang sesi latihan bebas di Shanghai menunjukkan konsistensinya menjinakkan Renault. Dalam dua kali sesi latihan bebas itu dia konsisten berada di urutan kelima.

Pada sesi latihan bebas terakhir hari ini mengulang apa yang sudah didapat pada sesi sebelumnya. Kali ini pebalap Jerman masuk lima besar terpaut 1,144 detik dari Bottas.