Arus Lalu Lintas di Jombang Terpantau Ramai Lancar

Rochman Arief

Jumat, 7 Juni 2019 - 19:11

JATIMNET.COM, Jombang – Kepolisian Resor Jombang mengungkapkan arus lalu lintas di sejumlah jalur terutama dekat exit tol Bandar Kedungmulyo terpantau ramai lancar.

"Hari ini sudah jauh berkurang. Jadi kepadatan di exit tol Bandar Kedungmulyo tidak ada antrean, dan situasinya ramai lancar. Mayoritas kendaraan didominasi roda empat atau kendaraan pribadi dari arah Nganjuk,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana di Jombang, Jumat 7 Juni 2019.

Ia mengakui, kemacetan sempat terjadi di exit tol Bandar Kedungmulyo sehari sebelumnya atau, Kamis 6 Juni 2019.

Salah satu penyebab adalah banyaknya warga setempat yang melakukan silaturahmi hari raya Idul Fitri. Umumnya menggunakan kendaraan baik dari Lamongan menuju Kediri, atau Jombang menuju Kecamatan Babat.

BACA JUGA: Lamongan-Bojonegoro Macet Total pada Hari Kedua Lebaran, Arah Sebaliknya Lancar

Namun, ia mengungkapkan keberadaan jalan tol juga semakin mudah untuk mengurai kemacetan. Jika lebaran tahun sebelumnya, mengurai kemacetan bisa hingga pukul 23.00 WIB, namun dengan operasinya tol Trans Jawa, arus lalu lintas sudah diurai hingga pukul 16.00 WIB.

Meski kondisi saat ini terpantau ramai lancar, pihaknya tetap melakukan pengalihan arus, salah satunya dari arah Perak menuju Bandar Kedungmulyo. Dengan demikian, arus lalu lintas lebih lancar.

Polisi juga fokus mengatur lalu lintas dari arah Nganjuk menuju Jombang. Untuk arus balik, pihaknya mengungkapkan saat ini sudah mulai meningkat. Namun, untuk prediksi dimungkinkan akhir pekan nanti atau pada hari Sabtu dan Minggu mulai meningkat.

“Kami memprediksi arus balik mulai terlihat. Tetapi puncaknya saya perkiraan mulai malam ini hingga Minggu. Untuk di arteri masih terpantau ramai lancar, seperti H+1,” ujar AKP Inggal.

BACA JUGA: Innova Seruduk Truk BBM di Tol Sumo

Sementara itu, peningkatan volume kendaraan juga terjadi di Simpang Mengkreng, Kabupaten Kediri. Peningkatan kendaraan ini membuat polisi melakukan pengalihan arus lalu lintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kediri AKP Hendri Ibnu Indarto mengatakan arus lalu lintas saat ini masih ramai lancar.

“Statusnya ramai lancar. Kalaupun ada peningkatan itu karena volume kendaraan bertambah, baik untuk mobil pribadi maupun sepeda motor,” tutur Hendri.

Di Kabupaten Kediri, pengalihan arus dari arah Kediri menuju Surabaya, dialihkan dari simpang Papar melalui Kecamatan Plemahan, menuju Kecamatan Kunjang hingga Perak, Jombang. (ant)

Baca Juga

loading...