JATIMNET.COM, Indian Wells – Petenis remaja asal Kanada Bianca Andreescu mencetak sejarah dalam turnamen BP Paribas Terbuka. Dia menjadi petenis wanita pertama yang lolos ke babak final sebagai peraih wild card.

Tiket ke final dia dapat setelah menyisihkan unggulan keenam, Elina Svitolina di semi final di Stadium 1 melalui rubber set, 6-3, 2-6, dan 6-4, Jumat 15 Maret 2019 waktu setempat. Di partai final dia akan menantang unggulan kedelapan, Angelique Kerber yang menang atas petenis belia Swiss, Belinda Bencic, 6-4 dan 6-2.

“Pada dasarnya saya terkejut dan gemetar dengan hasil ini. Aku benar-benar terdiam, dan tidak bisa berkata apa-apa,” kata petenis kelahiran 16 Juni 2000 itu dalam press conference seperti dikutip laman resmi WTA, 16 Maret 2019. Dia sadar langkahnya sudah terlalu jauh di turnamen mandatory tersebut. 

BACA JUGA: Andreescu Melaju ke Semi Final Usai Kalahkan Muguruza 

Alasan tersebut bukan tanpa sebab. Sepak terjang petenis Kanada berdarah Rumania itu sangat mengejutkan. Beberapa petenis unggulan dia sikat di babak-babak awal.

Dimulai dari Irina-Camila Begu dikalahkan di babak pertama. Selanjutnya unggulan ke-32, Dominika Cibulkova di babak kedua. Korban ketiganya adalah unggulan ke-18 Wang Qiang, selanjutnya unggulan ke-20 Garbine Muguruza dan terakhir Svitolina di semi final.

“Saya butuh waktu untuk menyerap semuanya. Sudah sangat luar biasa dalam sepekan terakhir ini,” ujar petenis asal Ontario, Kanada itu seperti dilansir laman resmi BNP Paribas Terbuka.

BACA JUGA: Belinda Bencic Kalahkan Unggulan Pertama Naomi Osaka

Dukungan luar baisa dia dapat dari dua suporter istimewa dalam pertandingan itu. Keduanya adalah petenis putra Kanada Milos Raonic dan Denis Shapovalov. Hasil itu turut mengibarkan beberapa bendera Kanada terlihat berkibar di sudut utara stadion.

Banyak pihak menilai kiprahnya mirip dengan Naomi Osaka tahun lalu. Osaka memulai awal musim dari peringkat 70 kemudian menjuarai BNP Paribas 2018 dan dua gelar Grand Slam, Amerika Serikat Terbuka (2018) dan Australia Terbuka (2019) hingga menjadi petenis nomor satu dinia. Andreescu kini berperingkat 60 dan berpeluang memperbaiki posisinya pekan depan.

Pada babak final pada Sabtu 16 Maret 2019 waktu setempat, lawan yang akan dihadapi cukup berat, Angelique Kerber. Selain berpengalaman, petenis Jerman itu memiliki peringkat yang lebih baik. Bahkan Kerber telah mengoleksi tiga Grand Slam, AS Terbuka, Wimbledon, dan Australia Terbuka.