Uniknya Parade Sound System di Probolinggo

Zulkiflie

Reporter

Zulkiflie

Minggu, 31 Maret 2019 - 19:38

JATIMNET.COM, Probolinggo - Parade musik atau sejenisnya lumrah digelar guna memeriahkan sebuah hari jadi atau pun peringatan momen spesial.

Namun berbeda dengan parade yang ada di Kota Probolinggo ini. Dalam rangka memperingati Hari jadi KOSTRAD ke- 58, Yon Zipur 10 KOSTRAD Probolinggo menggelar acara Parade Sound System, Minggu 31 Maret 2019.

Even ini menggandeng Paguyuban Sound System (PSS Probolinggo) ini dan digelar di Lapangan Karya Bhakti, Kota Probolinggo. Beragam model dan tipe sound system ada dalam parade yang baru pertama kalinya digelar di Kota Mangga ini.

BACA JUGA: Bocah Tewas Tertelungkup di Bawah Perangkat Soundsystem Hajatan

Meski terdengar riuh, namun parade ini cukup menghibur masyarakat, maupun para penghobi sound system di Kota Probolinggo. Salah seorang peserta, Faris Sujatmoko, mengaku senang dengan adanya parade sound system. Even itu menurutnya, menjadi ajang dan wadah para penghobi sound system, dalam menggali kreativitas membuat sound system yang berkualitas.

"Suka sekali adanya parade sound system di Kota Probolinggo, karena lewat even ini kita bisa berkarya dan menggali kreativitas kita para penghobi sound system," ungkap Faris, Minggu 31 Maret 2019.

Panitia acara, Rizal mengatakan parade sound system dilombakan dalam beberapa kategori. Meliputi kategori SPL (kekerasan suara) dan kategori Clarity (kejernihan dan keselarasan suara).

"Untuk kategori SPL, yang dinilai yakni hasil suara yang dihasilkan dari serangkaian sound system. Dan untuk Clarity kita nilai kejernihan dan keselarasan suaranya, gimana suara yang dihasilkan merdu apa tidak,"kata Rizal.

BACA JUGA: Menkumham Minta Al Kitab Peninggalan Belanda di Gereja Probolinggo

Dijelaskan Rizal, selain peserta asal Probolinggo, parade sound system juga diikuti oleh peserta asal luar kota. Rinciannya, 20 peserta lokal dan parade kelas Build Up diikuti oleh 15 peserta.

Sementara Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin yang turut hadir dalam parade sound system, mengapresiasi adanya even unik tersebut. Menurutnya, selain dapat meningkatkan perekonomian khususnya pengusaha sound system di Kota Probolinggo, parade sound system juga dapat meningkatkan sinergi antara Kostrad dan masyarakat.

“Ini terobosan baru di Kota Probolinggo, dan Pemerintah Kota selalu mengapresiasi kegiatan yang sifatnya positif dan semoga kedepannya bisa berkelanjutan,” jelas Habib Hadi.

Baca Juga

loading...