Dampak Hujan Deras dan Puting Beliung

Tim Gabungan Kerahkan Alat Berat Bersihkan Pohon Tumbang

Zulkiflie
Zulkiflie

Kamis, 7 Maret 2019 - 12:53

JATIMNET.COM, Probolinggo – Terjangan angin puting beliung yang melanda dua desa Di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, Rabu 6 Maret 2019 sore memaksa Tim Gabungan TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Probolinggo melakukan pembersihan.

Pasalnya masih banyak rumah warga terdampak bencana, dan belum dilakukan pembersihan material banguan yang runtuh diterjang angin.

Petugas juga harus membuka kembali, akses jalan Desa Tambak Rejo yang sempat terblokade akibat tumbangnya sejumlah pohon randu yang sempat menutupi bahu jalan. Pembersihan jalan kali ini petugas mengerahkan satu alat berat milik Dinas PUPR.

Sebab pohon yang tumbang cukup besar, dengan diameter lebar batang sekitar dua meter dan tinggi sekitar tujuh meter. Besar dan tingginya pohon tersebut menyulitkan petugas untuk memindahkannya.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Tewaskan Warga Pasuruan

Sebelum dipindahkan, petugas terlebih dahulu memotong batangnya menjadi beberapa bagian, agar evakuasi berjalan mudah. Untuk jumlah anggota BPBD yang diterjunkan dalam pembersihan hari ini sekitar 25 orang ditambah bantuan anggota TNI dan Polri.

“Sejauh ini belum ada perubahan data jumlah rumah rusak yang terdampak angin puting beliung. Jumlahnya masih sama dengan sebelumnya,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Suprisayoga, Kamis 7 Maret 2019.

Sejauh ini jumlah rumah rusak ringan dan sedang sebanyak 30 di Desa Curah tulis, 15 rumah warga rusak ringan dan sedang di Desa Tambak Rejo. Ditambah atap toko waralaba roboh dan atap SPBU milik AKR rusak sedang.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Terjang Dua Desa di Probolinggo

“Untuk Laporan korban sampai kini masih tetap, satu meninggal dan satu tertimpa pohon. Saat ini kami sedang melakukan pembersihan terhadap sejumlah bangunan yang terdampak angina,” lanjutnya.

Sugeng menjelaskan, jika dari laporan terakhir yang diterima BPBD, lokasi terjangan angin puting beliung hanya terjadi di Kecamatan Tongas pada rabu 6 Maret 2019 sore.

Diberitakan sebelumnya, terjangan angin puting beliung membuat seorang pemotor meninggal dunia, usai tertimpa pohon tumbang di jalan Desa Tambakrejo, Kecamatan Tongas. Korban meninggal setelah tertimpa pohn dan sempat dievakuasi ke puskesmas setempat.

Baca Juga

loading...