Tarawih di Mall, Antara Ibadah dan Belanja

Saat Ramadan, banyak produk promo dan diskon.
Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 10 Mei 2019 - 17:07

JATIMNET.COM, Surabaya - Lepas Magrib di Royal Plaza Surabaya, Kamis 9 Mei 2019. Malam terus beranjak, pengunjung tak surut, bahkan ketika azan Isya berkumandang. Malam itu malam keempat Ramadan 1440 hijriah.

Pemandangan berbeda terlihat di lantai tiga Plaza. Di masjid Al Hijrah, terletak di areal parkiran kendaraan, tampak pengunjung menyempatkan diri menunaikan salat Isya berjemaah, sekaligus tarawih.

"Tempatnya (masjid) enak dan nyaman, tadi (pas waktu berbuka) juga disediakan takjil," kata Dwi Wijayanti (35), seorang jemaah.

Perempuan asal Dukuh Kupang itu datang sejak sore. Ia menemani anaknya menghadiri acara buka bersama yang digelar sekolah. Bagi Dwi, ngabuburit dan buka puasa di pusat perbelanjaan seperti ini, selain asik, juga bisa sekalian belanja.

"Setelah salat (tarawih) kami mau lihat-lihat baju, katanya bulan ini banyak diskon," kata Dwi yang baru pertama kali menunaikan tarawih di masjid pada pusat perbelanjaan ini.

BACA JUGA: Ini Masjid dan Musala di Pusat Perbelanjaan

Tak sulit memang menemukan tempat ibadah, masjid dan musala khususnya, di pusat perbelanjaan. Hampir seluruh mall di Kota Surabaya menyediakaannya.

Selain Al Hijrah di Royal Plaza, sebut saja, Executive Mushola di Grand City Mall, Musala Mall Ciputra World, Masjid At Tawwabun di Tunjungan Plaza 2, dan Masjid Al Ittihad di Pakuwon Mall.

Di antara tempat ibadah itu dilengkapi dengan fasilitas kenyamanan dan kemewahan. Sementara musalla Mall Ciputra berarsitektur Maroko, Masjid At Tawwabun di Tunjungan Plaza didesain ala mirip lobby hotel.

TEMPAT IBADAH. Pengunjung Royal Plaza Surabaya menanti salat tarawih di depan Masjid Al Hijrah, Kamis 9 Mei 2019. Pusat perbelanjaan kini menyediakan tempat ibadah bagi pengunjung. Foto: Lathifiyah.

Laiknya masjid dan musala di banyak tempat lain, ada pula takmir yang mengurus kegiatannya. Termasuk di masjid Al Hijrah di Royal Plaza. "Saya juga baru tahu kalau masjid-masjid di mall ada takmirnya," kata Dwi, lagi.

Media Relations Royal Plaza Mall Fitria Putri Ramadhani mengatakan sejak hari pertama ramadan, masjid Al Hijrah selalu dijubeli jamaah salat tarawih. Umumnya mereka adalah pengunjung mall, baik yang sekadar jalan-jalan maupun belanja, yang tak ingin melewatkan waktu ibadahnya. "Kemarin, jemaah malah sampai saf belakang," katanya.

Menurut dia, manajemen mall juga menyediakan 700 takjil tiap hari untuk pengunjung. Pada hari libur, jumlah itu bahkan berlipat dua kali.

BACA JUGA: Berkunjung ke Masjid Tua Sewulan di Kabupaten Madiun

Meski tak merinci jumlah pasti, ia melanjutkan, jumlah pengunjung pada ramadan cukup tinggi. Terlebih kini, banyak gerai dan toko menyediakan diskon besar-besaran hingga menjelang lebaran.

Pengunjung pusat perbelanjaan di Surabaya, tak hanya bahkan datang dari luar daerah. Adalah Nur Afifah (25) asal Gresik, seorang pengunjung Tunjungan Plaza 6 Surabaya. Rabu 8 Mei 2019 malam, ia sengaja datang di mall terbesar di Surabaya itu untuk berbelanja bersama keluarga.

"Tadi sore saya sedang buka puasa bareng suami, sekalian saja lanjut tarawih di sini," kata perempuan itu pada Jatimnet setelah salat tarawih di musala mall.

Bagi dia, ini adalah pengalaman pertama salat tarawih di pusat perbelanjaan.

TARAWIH. Jemaah salat tarawih di Masjid Al Hijrah Royal Plaza Surabaya, Kamis 9 Mei 2019. Pada bulan ramadan, pengunjung pusat perbelanjaan menyempatkan diri untuk tetap beribadah. Foto: Lathifiyah.

Ramadan dan Konsumen

Saban tahun ketika ramadan tiba, pusat-pusat perbelanjaan selalu dimeriahkan dengan diskon. Banyak gerai dan toko berlomba menawarkan potongan harga untuk konsumen. Produk-produk di-branding dalam promo khusus bertema ramadan dan lebaran. Baik untuk mereka yang berbelanja secara offline maupun online.

Mengutip Antara pada Kamis 9 Mei 2019, aplikasi multifungsi Gojek misalnya, menawarkan promo belanja online dengan tajuk “Cari Kebaikan”. Mereka menggandeng sejumlah minimarket dengan tawaran voucher cashback hingga 50 persen, serta diskon 70 persen untuk pemesan ojek roda dua maupun empat.

BACA JUGA: 21 Ribu Apem Meriahkan Tradisi Megengan di Surabaya

Mereka juga menggandeng merchant makanan dan minuman yang menawarkan promo Gopay selama ramadan. Di antaranya A&W, Auntie Anne's, Bakerzin, Bakmi GM, Bengawan Solo, Burger King, BreadLife, Chatime, Carl's JR, Caribou Coffee, CFC, D'Crepes, D'Cost, Gulu-Gulu, Hokben, PHD, Yoshinoya, Puyo, Sate Khas Senayan, Starbucks, Tous Les Jours, Wingstop, dan Raa Cha Suki.

Selain itu, promo mereka juga bisa ditemukan di Gramedia, Miniso, CGV, Apotek Generik, Circle K, Century, Family Mart, Foodhall, Giant Express, Guardian, Hero, Watsons, Ramayana, dan Ranch&Farmers Market.

Baca Juga

loading...