Ini Masjid dan Musala di Pusat Perbelanjaan

Nani Mashita

Kamis, 31 Januari 2019 - 15:59

JATIMNET.COM, Surabaya – Rumah ibadah seperti masjid atau musala menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat muslim di Indonesia. Sejumlah tempat publik, termasuk mal, beramai-ramai membangun masjid.

Selama ini penempatan tempat ibadah untuk muslim kerap ditempatkan di luar gedung utama mal. Namun kini telah bergeser dengan hadirnya musala atau masjid di dalam gedung utama.

Kehadirannya membuat kegiatan berbelanja menjadi nyaman karena tidak meninggalkan kegiatan beribadah. Dari sekian banyak masjid dan musala, terdapat lima tempat ibadah yang ada di dalam mal. Apa saja?

1. Masjid Al Hijrah Royal Plaza

Masjid ini berada di areal parkir Royal Plaza di lantai tiga. Masjid ini mempunyai fasilitas salat yang luas dilengkapi mukena dan sarung. Meski berada di areal parkir, namun masjid ini tetap sejuk karena dilengkapi AC.

Sebenarnya di tiap lantai sudah disediakan musala. Tapi ukurannya relatif lebih kecil. Padahal, mal ini selalu ramai dikunjungi. Dengan adanya masjid maka pengunjung bisa mendapatkan tempat ibadah yang lebih nyaman.

2. Executive Mushola Grand City Mall

Musala ini terletak di lantai 2 Grand City Mall. Lokasinya di antara pertokoan dengan kantor manajemen gedung. Sebelum masuk musala, jamaah akan disambut meja resepsionis seperti di hotel.

Meski dinamai musala, tapi ukurannya lumayan luas dengan dilengkapi loker sepatu dan tempat wudlu terpisah antara Jemaah laki-laki dan wanita. Musala ini adalah pelopor tempat ibadah di dalam gedung utama mal di Surabaya.

3. Musala Mall Ciputra World Surabaya

Manajemen menempatkan musala di lantai empat, atau berdekatan dengan bioskop.  Memang pengunjung harus teliti untuk menemukan musala ini. Tapi begitu masuk, Anda akan merasa takjub.

Pengelola mal membangun musala berukuran 75 meter persegi dengan inspirasi dari desain masjid di Maroko. Meski mungil, musala ini punya desain unik, fasilitasnya lengkap seperti loker, sajadah, Alquran dan tempat berwudlu. Juga ada kaca rias dan toilet. Meski minimalis tapi tetap nyaman digunakan beribadah.

4. Masjid At Tawwabun Tunjungan Plaza 2

Musala ini memiliki luas 750 meter persegi. Tersedia loker lengkap dengan kuncinya. Masjid ini dikelola cukup profesional. Ada ruang tunggu yang mirip lobi hotel. Ada petugas yang selalu ramah menyapa. Yang istimewa, penggunaan masjid ini diresmikan oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

5. Masjid Al Ittihad Pakuwon Mal

Masjid seluas 1.200 meter persegi ini diresmikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Tempat ibadah eksekutif ini mampu menampung 1.000 jemaah. Menariknya, masjid ini berada di tengah-tengah pertokoan, tidak harus keluar ke areal parkir lebih dulu.

Selain desain yang sangat eksklusif, masjid ini dilengkapi ruang lobi, loker, tempat sepatu plus perpustakaan tak ketinggalan ruang takmir.

Baca Juga

loading...