Wuling meluncurkan Almaz pada 27 Februari 2019

SUV Baru Milik Wuling Dipesan 1000 Pembeli

Dyah Ayu Pitaloka
Dyah Ayu Pitaloka

Jumat, 8 Maret 2019 - 11:00

JATIMNET.COM, Surabaya – Kepincut dengan pasar Sport Utility Vehicles (SUV) yang terus meningkat di Indonesia, Wuling Motors akhirnya meluncurkan Wuling Almaz pada 27 Februari 2019.

Wuling mengklaim sudah mengantongi 1000 surat pemesananan kendaraan (SPK) sejak Almaz diluncurkan.

"Kalau dilihat segmen paling besar memang MPV. SUV memang tidak sebesar MPV, tapi dari tahun ke tahun kami lihat trennya makin naik, untuk SUV menengah maupun yang lain," kata Dian Ashmahani Brand Manager Wuling Motors Indonesia Kamis 7 Maret 2019.

Dian mengatakan, ada peluang besar untuk ikut bermain di segmen SUV, sejalan dengan minat konsumen terhadap kendaraan berdesain tangguh, berteknologi canggih, serta memiliki ragam fitur terkini.

BACA JUGA: Mobil Baru Dongkrak Penjualan Suzuki Sepanjang 2018

"Orang mulai berubah ke teknologi digital, makanya kami melihat tren baru, dan SUV sebenarnya cukup jadi primadona. Tren SUV semakin lama semakin naik, artinya ada peluang," katanya.

Dian menjelaskan alasan Wuling memilih model Almaz  atau Baojun 530 di Cina, karena kesesuaian model untuk menyasar konsumen kelas menengah ke atas.

Almaz bermesin turbo 1.500cc tidak bermain di segmen low SUV, melainkan langsung menatang tipe menengah antara lain Honda CR-V Turbo dan DFSK Glory 580.

"Di sana banyak modelnya. Pasti ada beberapa pertimbangan, yang jelas kami mau menyasar segmen yang medium-up," katanya.

BACA JUGA: Tesla Luncurkan Mobil Listrik Model Y Pertengahan Bulan Ini

"Kedua, trennya sudah masuk ke medium SUV dengan segala macam fitur berteknogi. Di Indonesia kami mau bermain berbeda, jadi kami yakin dengan Almaz, konsumen Indonesia mendapat pengalaman berbeda," katanya.

Menurutnya sejak diumumkan pada 27 Februari, Wuling telah menerima sekitar 1000 surat pemesanan kendaraaan (SPK) untuk produk SUV Wuling Almaz.

Dian menyebut masa inden sekitar satu bulan, tergantung antrean pemesanan.

"Iya, sebulanan. Tapi kami sudah memulai. Bisa Maret, April, atau Mei karena itu tergantung urutan dalam pemesanan konsumen."

BACA JUGA: Mobil Self-Driving Bikin BMW dan Daimler Berdamai

Pabrik Wuling di Cikarang, Jawa Barat, memiliki kapasitas produksi maksimal 120ribu unit kendaraan per tahun.

Kapasitas produksi tidak menjadi masalah bagi Wuling untuk memproduksi Almaz, kendati mereka harus menyesuaikan komposisi produksi dengan model lainnya yakni Confero, Cortez dan Formo.

"Karena ini produk keempat dan masih baru. Jadi ada beberapa adjustment. Kapasitas produsi sebetulnya 120ribu unit, tapi komposisinya Confero, Cortez, Almaz pasti akan disesuaikan dengan demand pasar," kata dia.

Ia menjelaskan, penyesuaian itu terkait dengan jadwal produksi yang seimbang antara keempat model tersebut, tanpa mengurangi produksi model lainnya. (Ant)

Baca Juga

loading...