Sudah Transfer Uang, Baju untuk Lebaran Tak Kunjung Datang

Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 25 Mei 2019 - 16:45

JATIMNET.COM, Surabaya – Menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak masyakarat yang berburu diskon atau potongan harga untuk mencari kebutuhan di hari yang spesial bagi umat Islam tersebut.

Pusat-pusat perbelanjaan atau mall pasti “diserbu” warga ketika menjelang lebaran. Tak terkecuali toko online yang juga banyak menawarkan potongan harga untuk menarik calon pembeli. Beragam model dipajang baik melalui website maupun media sosialnya.

Namun, Anda harus hati-hati berbelanja di toko online karena bisa saja menjadi korban penipuan. Sudah transfer uang, barang yang diimpikan tak kunjung datang.

BACA JUGA: Pembatasan Fitur WhatsApp Pengaruhi Transaksi Penjual Daring

Seperti yang dialami Dyah Murti Iryanto (30), yang mengaku tertipu saat belanja di toko online. Ia awalnya ingin membeli baju lebaran untuk keponakannya dan tertarik dengan salah satu iklan toko online yang menawarkan baju lebaran dengan harga terjangkau.

"Ya, lihat di Instagram, modelnya bagus, couple satu keluarga, tapi saya beli untuk yang anak laki-laki dan perempuan," kata Dyah saat dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu 25 Mei 2019.

Dyah menjelaskan, dirinya melakukan pemesanan Gamis_daster_collection melalui nomor WhatsApp yang tertera profil admin Jumat 10 Mei 2019 lalu,. Ia tak sedikit pun curiga, karena admin membalas dengan cepat dan meyakinkan.

BACA JUGA: Nintendo Switch Daring Punya 9,8 Juta Pelanggan

Dengan memilih baju yang akan dibeli, admin memberikan daftar harga yang harus dibayar, lanjut Dyah, setelah itu ia langsung membayarkan tagihan baju yang dipesan.

"Saya transfer Rp 510 ribu, itu sudah termasuk ongkirnya. Dan dia mengonfirmasi, barang akan sampai kurang lebih satu minggu ke depan," kata dia.

Dyah kemudian memberitahu agar baju yang dipesan langsung dikirim ke Lamongan atas nama Layli Agustin. Setelah satu minggu, Jumat 17 Mei 2019, ia mencoba menanyakan status pengiriman barangnya.

BACA JUGA: Risma Dorong Toko Kelontong Ambil Peluang di Bulan Ramadan

Ia tanya adiknya, pengiriman baju sudah sampai atau belum. "Tapi kata adik saya tidak ada barang yang sampai di rumah. Kemudian saya mau konfirmasi ke admin olshop-nya," kata Dyah.

Namun, nomor dan akun instagram Dyah sudah diblokir oleh penjual olshop tersebut.

Ia mencoba menghubungi menggunakan nomor suami dan juga putranya. Tapi semua nomor yang mencoba menghubungi langsung di blokir oleh Gamis_daster_collection.

"Setelah itu, adik saya melakukan pengecekan rekening penjual olshop di alamat cekrekening.id, dan ternyata terdapat riwayat dua kali pelaporan, langsung lah saya lapor ke kepolisian," katanya.

Baca Juga

loading...