Emojji ini akan tersedia di plaform iOS

Simbol Disabilitas dan Inklusif Gender Dalam 230 Emoji Baru

Nani Mashita

Jumat, 8 Februari 2019 - 06:05

JATIMNET.COM, Surabaya - Unicode baru saja membuat daftar emoji terbaru untuk tahun 2019 dengan menambahkan 230 simbol baru. Daftar emoji kali ini semakin lengkap dibanding tahun sebelumnya. Mulai dari simbol untuk penyandang disabilitas, lambang yang inklusif gender, sampai emoji untuk menguap.

“Daftar emoji akhir untuk 2019 telah disetujui oleh Unicode Consorcium dan mencakup total 230 emoji baru yang datang ke platform utama tahun ini,” tulis www.blog.emojipedia.org , Kamis 7 Februari 2019.

Dalam pembaruan yang keenam sejak 2014, banyak usulan yang akhirnya disetujui. Variasi warna kulit sudah ditambahkan tahun 2015, keterwakilan perempuan dalam emoji juga disetujui di tahun 2016, orang-orang inklusif gender di tahun 2017 serta pembaruan penambahan warna rambut di tahun 2018.

BACA JUGA: Emil:  Mahasiswa Harus Melek Teknologi

Tahun ini ada juga emoji disabilitas setelah diusulkan Apple tahun lalu. Emoji kursi roda manual maupun kursi roda mesin, orang dengan tongkat, alat bantu dengar, orang tuli, serta emoji "orang tuli" inklusif gender.

Juga disertakan emoji lengan dan kaki mekanis, anjing layanan dan emoji anjing pemandu juga merupakan bagian dari pembaruan berikutnya.  Emoji lainnya adalah gambar tangan mencubit, pasangan inklusif gender, serta emoji yang memungkinkan campuran warna kulit untuk orang yang berpegangan tangan.

Meski daftar emoji baru sudah selesai, pembaruan masih akan terus dilanjutkan dalam beberapa bulan ke depan. Rencananya, Unicode akan meriliis emoji di bulan Maret sedangkan pembaruan akan dilakukan mulai April hingga akhir tahun.

BACA JUGA: WhatsApp Hapus 2 Juta Akun Hoaks

Unicode juga merampingkan beberapa simbolnya. Emoji jantung, lingkaran, dan kotak semua akan tersedia dalam berbagai warna. Pilihan emoji untuk makanan dan minuman juga mengalami penambahan seperti bawang, bawang putih, mentega, falafel, minuman  jus, minuman kotak.

Juga ada emoji  untuk pakaian baru yaitu celana pendek, pakaian renang one-piece, celana, rompi keselamatan, dan sari. Serta emoji binatang yang baru seperti orangutan, flamingo, sigung, dan tiram.

Emoji lingkaran dan bujur sangkar akan hadir dalam warna baru. Hati cokelat, kuil hindu, lampu diya, setetes darah, parasut, sepatu balet, kapak, balutan perekat, topeng selam, kursi, banjo, silet,  layang-layang, dan yo-yo adalah sederet pembaruan emoji.

Tak ketinggalan emoji untuk mengekspresikan diri  bagi yang sedang mengalami sakit. Pilihannya bisa berupa darah yang menetes,  perban perekat, dan stetoskop  untuk menggambarkan rasa sakit. Percaya atau tidak, bila sebelumnya pemilik gawai Apple tidak punya pilihan emoji menguap, tahun ini emoji itu akan tersedia.

Baca Juga

loading...