Sidang PHPU Berlangsung di MK, Penjaga KPU Surabaya Ditambah

Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 14 Juni 2019 - 13:17

JATIMNET.COM, Surabaya – Penjagaan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya diperketat menyusul berlangsungnya sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi di Jakarta, Jumat 14 Juni 2019.

“Sebelumnya 17 personel, mulai 14 Juni 2019 ini sebanyak 28 personel yang bersiaga," kata seorang petugas kepolisian yang berjaga di kantor itu pada Jatimnet.com.

28 personel itu, ia melanjutkan, terdiri dari dua orang tentara, enam petugas pemadam kebakaran, serta 20 orang polisi. Meski ada penambahan personel penjagaan, hingga kini kondisi di kantor penyelenggara pemilu ini aman.

BACA JUGA: Sidang Sengketa Pilpres 2019, Polda Jatim Kerahkan 9.313 Personel Pengamanan

Polisi penjaga kantor KPU berasal dari gabungan Polsek di Kota Surabaya. Mereka membagi tugas jaga dalam dua shift. Diawali dengan shift pertama pada pukul 07.00-20.00 WIB. "Hari pertama ini, ada atensi, kami boleh menggunakan senjata tapi untuk peluru hampa sama karet. Tapi kalau mengamankan tidak boleh dibawa," kata dia.

Sementara itu, Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kota Surabaya Mochamad Anang mengatakan personelnya juga bertugas dengan sistem tiga shift. Pertama pukul 07.00-15.00 WIB, kedua pukul 15.00-23.00 WIB, dan kedua pukul 23.00-07.00 WIB. “Ada empat regu, tiap regunya terdapat enam personel,” katanya.

Anang mengungkapkan pihaknya bertugas untuk membackup pengamanan dari pihak kepolisian jika terjadi pembakaran dalam aksi demo."Tapi ya alhamdulillah tidak ada kerusuhan sama sekali di Kota Surabaya. Khususnya KPU Surabaya. Ya hanya sekali ada demo, tapi tidak ada kerusuhan," katanya.

BACA JUGA: Polda Jatim Kerahkan 1.200 Personel Amankan Gedung MK

Ia mengaku merasa jenuh setiap hari melakukan penjagaan dan diam saja menunggu. Apalagi belum ada ketentuan secara pasti masa pengamanan ini berlangsung."Jenuh juga, biasanya kalau di tempat kerja selalu ada kegiatan seperti latihan keterampilan,  peraturan urusan dinas dalam (PUDD). Ya pasti ada aktivitas harus ngapain dan diselingi olahraga. Kalau di sini hanya duduk-duduk saja," katanya.

Berdasarkan pantauan Jatimnet.com pukul 10.00 WIB semua personel yang bertugas untuk mengamankan KPU Kota Surabaya tengah bersantai dan saling mengobrol satu sama lain. KPU Kota Surabaya juga terpantau sepi tidak ada kegiatan.

Baca Juga

loading...