Seratusan Siswa SD Al Muslim Peringati Hari Air Sedunia

M. Khaesar Januar Utomo

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:11

JATIMNET.COM, Sidoarjo - Sebanyak 156 siswa SD Al Muslim merayakan Hari Air Sedunia yang diperingati setiap 22 Maret dengan cara menanam pohon Mangrove di Taman Wisata Ecomangrove Gunung Anyar Surabaya, Rabu 20 Maret 2019. Ini sebagai salah satu cara mengajarkan dan menggugah keasadaran anak akan pentingnya melestarikan lingkungan.     

Kepala Sekolah SD Al Muslim, Ummul Jazilah mengatakan kegiatan ini memupuk kesadaran anak sejak dini agar peduli dengan lingkungan sekitar. Kegiatan menanam mangrove ini sekaligus mengajarkan kepada anak tentang sebuah upaya mengurangi abrasi di bibir pantai kawasan Surabaya Timur.   

BACA JUGA: Deklarasi Bali, Hasil Pertemuan Menteri Lingkungan Hidup Sedunia

"Ini juga bentuk memeriahkan Hari Air Sedunia," katanya Rabu, 20 Maret 2019.

Jazilah mengatakan hutan mangrove atau yang dikenal juga dengan hutan bakau memiliki peranan penting dalam menjaga kelestarian kawasan pesisir. Mangrove berperan dalam menyeimbangkan kualitas lingkungan dan menetralisir bahan-bahan pencemar.

"Karena itu kami melakukan penanaman mangrove untuk menjaga kelestariannya," ucapnya.

Seratusan siswa ini mendapatkan pengalaman baru ketika harus melewati lahan yang basah dan sedikit berlumpur saat akan menanam mangrove. Namun kondisi ini tidak menghalangi semangat mereka untuk tetap menanam.

BACA JUGA: Aktivis Lingkungan Dukung UU Pencucian Uang Perangi Perdagangan Satwa

Meski sempat ragu, siswa-siswi SD Al Muslim kemudian begitu menikmati melakukan penanaman. "Seakan-akan siswa ini menemukan permainan baru," jelasnya.

Tak hanya siswa SD, siswa SMP Al Muslim pun turut memeriahkan acara penanaman ini. "Ini untuk mengajarkan ke siswa maupun siswi SMP Al Muslim juga sama sama menjaga kelestarian alam," beber Jazilah.

 

Baca Juga

loading...