JATIMNET.COM, Jakarta - Pengurusan dokumen jemaah haji Indonesia terus berjalan. Sampai hari ini, total sudah lebih 140 ribu paspor jemaah yang selesai.

“Sebanyak 140.936 paspor jemaah haji Indonesia sudah diterbitkan,” kata Kasubdit Dokumen Haji Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri Nasrullah Jasam di Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

BACA JUGA: Bikin Paspor Di Jawa Timur Bisa Antre Lewat Online

Menurut Nasrullah, paspor tersebut dibagikan kembali ke jemaah haji untuk proses perekaman biometrik. Setelah proses biometri selesai, paspor jemaah kembali dikumpulkan ke Subdit Dokumen melalui Kankemenag Kabupaten/Kota.

Ia mengatakan sampai dengan saat ini, sudah 6.531 jemaah haji Indonesia yang sudah melakukan proses rekam biometrik. Sebagian besar provinsi sudah mulai melakukan perekaman data biometrik secara bertahap. Provinsi Jawa Barat melakukan perekaman data biometrik terbanyak saat ini.

“Rekam biometrik terus berlangsung. Jemaah yang sudah memiliki paspor akan datang ke VFS Tasheel terdekat untuk melakukan perekaman sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” ujarnya dalam laman Kementerian Agama.

BACA JUGA: Urus Paspor Bisa Lebih Cepat di Mall

Selain pengurusan paspor, Subdit Dokumen Haji juga tengah melakukan scanning lembar setoran awal. Proses ini diperlukan untuk bahan verifikasi lembar pelunasan.

“Lembar setoran awal ini kami scan agar untuk diverifikasi dengan lembar pelunasan yang diberikan jemaah usai melunasi biaya haji,” tandasnya.