Seratusan Penghuninya Masuk DPT, Lapas Ponorogo Belum Dapat TPS

Gayuh Satria Wicaksono

Rabu, 27 Maret 2019 - 16:18

JATIMNET.COM, Ponorogo – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ponorogo belum mendapat kepastian soal jatah Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga sebulan menjelang Pemilihan Umum Serentak, 17 April 2019 mendatang. Padahal, ada sekitar 205 warga binaan yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pemilu.

"Belum ada keputusan, lapas ada TPS atau tidak. Padahal jumlah napi kami ada 205 orang," kata Kepala TU Sucipto saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 27 Maret 2019.

Dalam pemilu sebelumnya, kata Sucipto, di Lapas Ponorogo selalu disediakan TPS, seperti pada pemilihan gubernur tahun lalu. "Ada TPS tersendiri di dalam lapas. Namun hingga saat ini belum ada keputusan terkait ada tidaknya TPS di dalam lapas," katanya.

BACA JUGA: Perubahan Jumlah DPTb Tahap Dua Meningkat

Ia khawatir jika tidak disediakan TPS khusus di dalam lapas, para napi yang jumlahnya ratusan ini akan kesulitan untuk menyalurkan hak pilihnya. Karena jika mengandalkan TPS terdekat waktunya tidak akan cukup, mengingat ada lima surat suara yang akan dicoblos.

"Misalkan tidak ada (TPS). Ini kan banyak DPT di lapas kami. Terus bagaimana mencoblosnya, kalau misalkan ada petugas TPS terdekat ke sini, apa ya mencukupi surat suaranya, apakah waktunya cukup, kan terakhir jam 13.00 WIB," tuturnya.

Ia berharap ada TPS di Lapas Ponorogo pada 17 April 2019 mendatang. Mengingat ada 205 suara yang masuk dalam DPT.

"Kami berharapnya ada TPS, kalaupun tidak ada. Mohon ada petugas TPS terdekat yang ke sini bersama sejumlah surat suara yang dibutuhkan sesuai domisili para napi," harapnya.

BACA JUGA: NIK Dipakai Orang, 28 Warga Kediri Dimasukkan DPT Khusus

Sementara itu, Komisioner KPUD Ponorogo Divisi Data Munajat menegaskan pihaknya sudah mengusulkan adanya TPS untuk para napi sejak H-60 lalu. Namun hingga saat ini belum ada Surat Keputusan (SK) dari KPU Pusat ihwal ada tidaknya TPS itu.

"Mungkin keputusannya nunggu hari terakhir penutupan DPT tambahan, kan Lapas ataupun rumah sakit dinamis, ada yang masuk dan keluar," tegasnya.

Munajat menjelaskan di sekitar lapas Ponorogo nantinya bakal ada TPS 12 yang masuk ke dalam Kelurahan Banyudono. "Kemungkinan besar nantinya lapas Ponorogo difasilitasi TPS juga," pungkasnya.

 

Baca Juga

loading...