Seleksi PPDB Jalur Khusus Digelar Senin

Komposisi penilaian 40 persen nilai USBN dan 60 persen hasil TPA
Khoirotul Lathifiyah

Jumat, 14 Juni 2019 - 20:57

JATIMNET.COM, Surabaya - Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya akan menggelar seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) jalur khusus (zonasi kawasan) pada Senin 17 Juni 2019. Semua pendaftar diwajibkan mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA).

"Pendaftaran jalur zona kawasan akan (dibuka) sampai Sabtu 15 Juni 2019 malam pukul 23.59 WIB," kata Kepala Dispendik Kota Surabaya Ikhsan saat diwawancarai di Humas Pemkot, Jumat 14 Juni 2019.

Dari 63 SMP negeri di Kota Surabaya, sebanyak 11 SMP negeri yang membuka jalur zonasi kawasan yang tersebar di lima wilayah Kota Surabaya yakni Surabaya Barat, Timur, Utara, Selatan dan Pusat.

BACA JUGA: Cegah Kecurangan PPDB Jalur Mitra Warga, Pemkot Tertibkan KK

Panitia, kata Ikhsan, telah menyiapkan 29 lokasi untuk pelaksanaan TPA, yang dimulai pukul 08.00-10.00 WIB. Lokasi TPA ini berada di sekolah terdekat dari tempat tinggal peserta berdasarkan wilayah.

“Mulai hari ini kami siapkan lokasi TPA. Silahkan hari Minggu bagi orang tua atau peserta untuk survei lokasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Ikhsan menjelaskan, setelah peserta melakukan registrasi pendaftaran pada laman www.ppdbsurabaya.net, mereka akan mendapat informasi lokasi ujian, nomor peserta, beserta tempat duduk ruang ujian yang langsung bisa dicetak.

Sementara itu, Tim Teknis PPDB Surabaya dari Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Dwi Sunaryono menyampaikan, secara teknis pihaknya telah siap melaksanakan TPA. Ia mengatakan jumlah pendaftar hingga saat ini mencapai 8 ribu lebih.

Jumlah tersebut kemungkinan masih bisa bertambah hingga saat penutupan pendaftaran jalur zonasi kawasan. Ia memprediksi jumlahnya meningkat sampai 9 ribuan.

BACA JUGA: Dewan Pendidikan Surabaya Tolak Pendaftar dengan KK Luar Kota

"Secara teknis kami siap melaksanakan dan kami pastikan tidak ada nomor ganda untuk peserta,” kata Dwi.

Setelah ujian selesai, kata dia, hasil nilai TPA dari Unair akan dikombinasikan dengan nilai USBN (Ujian Sekolah Berstandart Nasional).

Kemudian pihaknya akan melakukan perangkingan secara sistem. Sementara untuk hasil TPA akan diumumkan pada tanggal 18 Juni pukul 08.00 Wib melalui laman www.ppdbsurabaya.net. “Untuk komposisi penilaian 40 persen nilai USBN dan 60 persen hasil TPA,” pungkasnya.

Baca Juga

loading...