Rekonstruksi Mutilasi Blitar, Begini Pelaku Membuang Koper Berisi Mayat

Yosibio

Rabu, 24 April 2019 - 16:30

JATIMNET.COM, Blitar - Kepolisian Daerah Jawa Timur menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Budi Hartanto, seorang guru Honorer asal Tamanan, Mojoroto, Kota Kediri, Rabu 24 April 2019 di Blitar. Ada dua lokasi yang menjadi tempat untuk merekonstruksi pembunuhan dengan cara mutilasi ini, yakni jembatan Karanggondang dan rumah pelaku Aris Sugianto di dusun Mangunan, Kecamatan Udanawu.

Rekonstruksi dipimpin langsung oleh Tim dari Polda Jatim dan dibantu aparat Polres Kediri Kota dan Polres Blitar Kota. Reka adegan pertama dilakukan jembatan Karanggondang, yang menjadi lokasi pembuangan koper yang berisi mayat korban.

"Kami melakukan reka adegan posisi di sini, saat kedua tersangka membuang mayat korban yang dimasukkan dalam koper," terang Kasubdit Jatanras III Reskrimum Polda Jatim AKBP Leonard Sinambela di sela proses rekonstruksi Rabu siang 24 April 2019.  

BACA JUGA: Warga Padati Lokasi Rekonstruksi Pembuangan Mayat dalam Koper

Dalam prosesi reka adegan di TKP pembuangan mayat, Aris Sugianto (34) dan Azis Prakoso (23) mempraktekan sejumlah adegan saat keduanya membuang koper berisi jasad Budi Hartanto.

Di adegan ke-30 ini, kedua pelaku datang ke lokasi mengendarai sepeda motor milik korban dan koper ditaruh di bagian depan. Tiba di lokasi, kedua pelaku mengangkat koper itu bersama-sama dan kemudian melemparkannya ke jurang sungai.

Namun, ketika kedua pelaku mengangkat koper dan mengayunkannya ke arah sungai, sisi koper yang dipegang Aziz patah sehingga koper terlepas dan jatuh di pinggir sungai. Setelah membuang mayat korban, keduanya kembali ke warung Aris yang ada di Sambi, Ringinrejo, Kediri.

BACA JUGA: Kepingin Melihat Rekonstruksi Pembunuhan Blitar, Bocah ini Malah Nangis

"Rekonstruksi ini sudah kami mulai sejak di Kediri Kota di sanggar tari milik korban, lalu ke lokasi pembunuhan, lokasi pembuangan kepala, lokasi pembuangan kopor dan nanti ke rumah tersangka Aris," imbuh Leo.

Seperti dibertakan, seratusan warga memadati lokasi tempat kejadian perkara (TKP) pembuangan mayat dalam koper di jembatan Karanggondang, Kecamatan Udanawu, Kota Blitar, Rabu 24 April 2019. Mereka ingin melihat Tim Polda Jatim menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan Budi Hartanto dengan cara memutilasi korbannya itu.

Pantauan Jatimnet.com, seratusan warga ini datang dari berbagai daerah di sekitar TKP. Mereka rela datang sejak pagi buta dan masing-masing mengambil posisi menyebar di sekitar jembatan serta di pinggiran sungai Karanggondang. Mereka penasaran dengan peristiwa sadis yang membuat nyawa BH melayang secara mengenaskan.

Baca Juga

loading...