Ramadan, Jam Kunjungan Penghuni Penjara Berubah

Anang Zakaria

Reporter

Anang Zakaria

Sabtu, 11 Mei 2019 - 17:36

JATIMNET.COM, Tulungagung – Jam jenguk narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas II B Tulungagung berubah pada Ramadan ini. Dari dua kali pada hari biasa, yakni pagi dan siang, kini menjadi sore saja.

Kepala Seksi Bimbingan Nararapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja Lapas, Dedi Nugroho mengatakan ada sejumlah alasan perubahan jam kunjungan itu. Salah satunya, “Sore hari supaya mendekati jam buka puasa,” katanya, Sabtu 11 Mei 2019.

BACA JUGA: Ratusan Unit HP Penghuni Lapas Medaeng Dimusnahkan

Selama bulan puasa, kata Dedi melanjutkan, seluruh napi muslim wajib mengikuti pengajian umum dan tadarus Al Quran sebagai rangkaian pesantren Ramadan mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Selain itu, kebanyakan penjenguk membawa makanan untuk menu takjil buka puasa. “Karena trennya sekarang adalah membawa menu untuk buka puasa, jam kunjungan sekarang difokuskan pada siang-sore hari, yakni mulai pukul 13.30 WIB hingga 16.00 WIB," katanya.

BACA JUGA: 27 Ribu Tahanan Jatim Menghuni Lapas Berkapasitas 12 Ribu

Penghuni lapas Tulungagung mencapai 614 orang. Sepertiganya berstatus tahanan. Sisanya narapidana. Jadwal kunjungan untuk mereka diatur secara bergantian. Untuk tahanan pada Senin, Rabu, dan Jumat. Adapun narapidana pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. “Masing-masing pengunjung diberi waktu kunjung maksimal 30 menit,” katanya.

Terkait makanan yang boleh dibawa pengunjung, Dedi menegaskan aturan yang berlaku hanya untuk penganan hasil olahan yang tidak ditutup dengan kemasan tertutup. Sedangkan makanan dan minuman kemasan tidak boleh dibawa masuk ke dalam Lapas untuk mencegah penyalahgunaan. (ant)

Baca Juga

loading...