Polisi Amankan Pelaku Pembalakan saat Naikkan Kayu ke Motor

Yosibio

Selasa, 14 Mei 2019 - 21:51

JATIMNET.COM, Blitar – Dua dari sembilan pelaku pembalakan liar telah diamankan polisi hutan saat tepergok melakukan penebangan kayu di kawasan hutan Resort Pemangku Hutan (RPH) Kepek, Dusun Banjarsari, Desa/Kecamatan Wonotirto, Selasa 14 Mei 2019.

Dua pelaku yang diamankan diantaranya GS (40) dan AP (31), yang merupakan warga Dusun Saren Desa/Kecamatan Wonotirto. Keduanya langsung dibawa ke Polsek Wonotirto untuk dilakukan pemeriksaan. Sementara tujuh pelaku lainnya telah melarikan diri ke dalam hutan pada saat polisi melakukan pengepungan.

BACA JUGA: Diduga Melakukan Ritual, Tewas di Bukit Angker

Kapolsek Wonotirto, AKP Tamim Anwar, dikonfirmasi Jatimnet.com mengatakan upaya penangkapan kesembilan pencuri kayu ini, saat mereka menebang kayu jati dan berusaha menaikkan ke atas sepeda motor. Petugas datang ke lokasi, sebelum para pelaku sempat membawa kabur kayu hasil curiannya.

“Sekitar pukul 06.30 WIB, petugas RPH yang sedang melakukan patroli rutin mendapati sembilan orang sedang mencuri kayu. Dari sembilan orang ini ada yang sedang menebang kayu, menaikan ke atas motor,” jelas AKP Tamim Anwar.

Sementara barang bukti yang turut diamankan di antaranya, empat kayu jati gelondongan, dan sembilan sepeda motor yang ditinggal kabur pemiliknya.

BACA JUGA: Razia Gabungan Amankan Pasangan di Bawah Umur

“Barang buktinya yagn kami amankan kayu jati gelondongan dengan diameter 30 centimeter. Kemudian sembilan sepeda motor yang ditinggal kabur pemiliknya,” Tamim menjelaskan.

Menurut Tamim, polisi sudah mengantongi nama tujuh pelaku yang kabur. Saat ini petugas sedang melakukan pengejaran. Pengungkapan pembalakan liar ini merupakan kedua kalinya yang diungkap Polres Blitar dalam sepekan ini.

“Kami terus melakukan pengembangkan kasus ini. Pelaku yang kabur akan kami kejar dan identitas mereka sudah kita kantongi,” Tamim memungkasinya.

Baca Juga

loading...