Persiapan Timnas Inggris Terganggu Final Liga Champions

Rochman Arief

Jumat, 10 Mei 2019 - 06:12

JATIMNET.COM, London – Lolosnya Liverpool dan Tottenham Hotspur ke final Liga Champions tahun ini memiliki konsekuensi berat bagi Inggris. Sebab anak didik Gareth Southgate itu harus tampil di ajang Nations League menghadapi Belanda pada babak semifinal di Guimaraes, Portugal, 6 Juni 2019 mendatang.

Sementara jadwal semifinal Nations League hanya berjarak lima hari dari final Liga Champions yang dilaksanakan di Wanda Metropolitano, Madrid.

Southgate pantas khawatir lantaran sembilan anggota timnas Inggris berada di dua tim tersebut. Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez dan Jordan Henderson berada di kubu Liverpool. Ketiganya diturunkan saat menggasak Barcelona di Anfield, Rabu 8 Mei 2019 dini hari.

Dari kubu Spurs terdapat Kieran Trippier, Danny Rose, dan Dele Alli. Sementara dua punggawa timnas Inggris lainnya Eric Dier dan Harry Kane yang absen. Dier sengaja disimpan, sedangkan Kane dibekap cedera. Satu pemain lainnya adalah Harry Winks yang juga cedera dan berpeluang masuk timnas.

BACA JUGA: Sanggupkah Liverpool Menghentikan Barcelona?

Kane sangat berharap bisa tampil di partai final Liga Champions. Namun permintaan itu bisa menjadi bencana, baik Spurs maupun timnas Inggris. Sebab tenaganya memang dibutuhkan keduanya. Spurs berambisi mengangkat trofi Si Kuping Besar, adapun Inggris berambisi lolos ke final.

Sebetulnya situasi ini sudah diprefiksi Southgate sejak bulan Maret lalu. Dia pantas khawatir dengan anak didiknya apabila terjadi All England Final di Liga Champions.

“Kita harus memiliki persiapan sejak awal. Terlebih dalam hal persiapan pemusatan latihan, jelas itu akan berantakan,” kata Southgate, seperti dikutip Skysports.com, Kamis 9 Mei 2019.

Dia menyambut positif melajunya Inggris ke semifinal Nations League sejak enam bulan silam. Setidaknya peluang untuk merebut gelar perdana terbuka lebar. Dengan lolosnya Liverpool dan Spurs ke final Liga Champions membuat persiapannya berantakan.

BACA JUGA: Liverpool Membidik Gelar Liga Champions Keenam

“Dapatkah pemain bermain secara realistis pada Kamis malam untuk kita (Inggris). Mereka semua membutuhkan periode, di mana pemain harus membuang psikologis di final Liga Champions,” urai mantan palang pintu Aston Villa dan Middlesbrough itu.

Kabar baiknya, pengalaman ini tidak hanya dirasakan Southgate. Juru racik Belanda, Ronald Koeman juga merasakan hal serupa.

Bedanya Ronald Koeman menghadapi situasi yang tidak terlalu pelik dengan tidak lolosnya Ajax ke final. Namun dia wajib memantau kondisi duo pilar Liverpool, Virgil van Dijk dan Georginio Wijnaldum.

Baca Juga

loading...