Pengungsi Syiah Sampang di Sidoarjo Bisa Gunakan Hak Pilihnya

Hari Istiawan

Rabu, 17 April 2019 - 13:37

JATIMNET.COM, Sidoarjo – Pengungsi Syiah di Rusun Jemundo, Sidoarjo, Jawa Timur memnyalurkan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 21 Jemundo.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo, Kombes Zain Dwi N memastikan tidak ada penolakan pelaksanaan pemilihan umum yang dilakukan oleh warga Syiah Sampang.

"Tidak ada penolakan, hanya komunikasi belum pas tadinya, sehingga saat ada komunikasi bagus, dengan pengamanan, mereka menyalurkan hak suara mereka masing-masing," katanya, di sela melakukan inspeksi pengamanan, di Rusun Jamundo, Sidoarjo, Rabu 17 April 2019.

BACA JUGA: Ada Skuat Avengers Amankan TPS di Kota Pahlawan Surabaya

Ia mengemukakan, masyarakat yang ada di dalam rumah susun itu, juga bebas memilih sesuai dengan hati nuraninya masing-masing dan juga tidak ada intervensi dari pihak mana pun.

"Tidak ada penolakan, tidak ada. Selain itu, juga ada Gakkumdu untuk pengamanan dan pengawasan," katanya lagi.

Ia mengungkapkan, sesuai dengan aturan KPU, pemilihan akan tetap berlangsung meskipun sudah menunjukkan pukul 13.00 WIB sampai dengan antrean yang mencoblos selesai.

"Sesuai aturannya memang seperti itu," katanya pula.

Di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 21 Jemundo, Sidoarjo terdapat 234 orang warga Syiah Sampang yang masuk dalam daftar pemilih tetap dan berhak untuk mengikuti pemilihan umum.

BACA JUGA: Warga Surabaya Habiskan Rp50 Juta Bikin TPS Bernuansa Etnik

Para pengungsi Syiah Sampang ini hanya berhak untuk menggunakan hak suaranya untuk memilih anggota DPD Jatim dan juga pemilihan presiden saja.

Ketua KPPS 21 Ulumudin Mughiez mengatakan pihaknya masih belum bisa memberikan komentar banyak terkait dengan partisipasi pemilih pada pemilihan umum ini.

"Saat ini saya masih tugas, nanti saja ya," katanya.

Pemilihan umum serentak digelar 17 April 2019, yakni memilih anggota DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, DPR RI, DPD serta presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Pemilihan Presiden diikuti dua pasangan calon, yaitu Jokowi-KH Ma’ruf Amin nomor urut 01, serta Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno nomor urut 02.(ant)

Baca Juga

loading...