Pencuri Berjimat Ini Tertangkap Saat Pesta Miras

Zulkiflie

Jumat, 24 Mei 2019 - 21:09

JATIMNET.COM, Probolinggo – Seorang pencuri yang selalu membawa jimat ketika beraksi dan menjadi buronan Polisi akhirnya ditangkap Tim Buru Sergap Polres Probolinggo.

Tersangka bernama Eko Nur Savari (41), ditangkap ketika sedang menggelar pesta minuman keras bersama teman-temannya di areal Terminal Bayuangga, Kota Probolinggo, Rabu 22 Mei 2019.

Eko juga dikenal sebagai seorang residivis curanmor yang sudah tiga kali masuk penjara. Petugas berhasil meringkusnya setelah aksinya sempat terekam CCTV saat mencuri motor di toko waralaba di Desa Clarak, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, pekan lalu.

BACA JUGA: Cari Ongkos Pulang Kampung, Laki-laki Curi Kotak Amal

Dari rekaman tersebut, petugas kemudian melakukan penyelidikan dan pengejaran hingga berhasil menangkapnya. Polisi kemudian langsung membawa tersangka ke Mapolsek Leces untuk diproses lebih lanjut.

Eko mengaku setiap menjalankan aksinya ia selalu menggunakan jimat agar bisa berjalan lancar ketika membawa kabur motor yagn dicurinya.

Jimat yang dipakai bermacam-macam. Ada sabuk, kalung hingga sebuah buntelan yang ditaruh ke dalam dompetnya. “Agar korban tidak sadar saat motornya dicuri,” ujar Eko saat ditanya, Jumat 24 Mei 2019.

BACA JUGA: Pencuri Ini Hanya Memakai Celana Dalam Tiap Beraksi

Dalam menjalankan aksinya, Eko yang merupakan warga Pasuruan ini selalu naik bus ke Probolinggo. Setelah turun di termnial, kemudian berkeliling melakukan pengintaian di parkiran toko.

“Turun dari bus saya lalu berkeliling, mencari motor yang ada di parkiran toko waralaba. Berhasil menggondol motor, saya lalu bawa ke parkiran Terminal Bayuangga. Setelah tiga hari saya kembali dan ambil motornya,lalu dibawa ke daerah Lumajang untuk dijual,”ungkapnya.

Ia mengaku hasil penjualan motor curiannya sekitar Rp 1,1 juta dan digunakan untuk foya-foya.

BACA JUGA: Dikira Jimat, Ternyata Granat Peninggalan Kakek

Kapolsek Leces Iptu Achmad Gandhi mengatakan, terungkapnya aksi tersangka setelah petugas mendapati ciri-ciri fisik pelaku pencurian motor, mulai dari bagian kaki, helm dan pakaian yang dikenakan.

Gandi menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melakukan pengejaran terhadap barang bukti motor yang dibawa penadahnya. “Pelaku akan dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” katanya.

Baca Juga

loading...