Dikira Jimat, Ternyata Granat Peninggalan Kakek

Yosibio

Senin, 18 Maret 2019 - 21:41

JATIMNET.COM, Blitar - Sebuah granat yang diduga masih aktif ditemukan warga Desa Krenceng Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar, Senin 18 Maret 2019.

Granat tersebut ditemukan di rumah seorang pensiunan TNI AD bernama Sukiman. Sementara yang menemukan adalah cucu Sukiman, Risa (29). Risa mengira granat yang ditemukan dalam lemari kakeknya ini merupakan jimat karena terbungkus kain dengan sejumlah barang lainya.

Kapolsek Nglegok AKP Agus Tri Susetyo saat dikonfirmasi wartawan di kantornya mengatakan, Risa awalnya berniat membersihkan isi lemari yang berisi barang-barang peninggalan Sukiman yang sudah meninggal sekitar tahun 1980.

BACA JUGA: Langgar Kecepatan, Polres Blitar Tilang Kendaraan Pakai Speed Gun

"Saat pertama kali ditemukan, granat jenis nanas itu dibungkus sebuah kantong kecil berwarna biru. Risa kemudian memberitahukan hal tersebut kepada saudaranya. Karena takut akan membahayakan keselamatan, temuan ini kemudian dilaporkan ke petugas jaga Polsek Nglegok," terang Agus.

Petugas kepolisian yang menerima laporan akhirnya datang ke lokasi kemudian mengevakuasi granat nanas aktif tersebut menuju ke Mapolsek Nglegok. Petugas kepolisian kemudian menghubungi tim penjinak bom Brimob Kediri untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGA: Bea Cukai Blitar Sita Ribuan Batang Rokok Ilegal

Senin petang, Tim Jibom Kompi I Batalion C Pelopor Kediri tiba di Mapolsek Nglegok. Empat personel Brimob langsung mengamankan granat ini ke perangkat bomb blanket, dan memasukanya ke dalam mobil untuk dibawa ke Mako Kompi I Batalion C Pelopor Kediri guna dianalisa lebih lanjut.

"Granat ini diduga masih aktif dan dikhawatirkan membahayakan orang di sekitar. Kami amankan dan akan langsung kami bawa ke Mako di Kediri untuk dianalisa lebih lanjut," ungkap Ipda Abdul Rois Komandan Pleton 2 Kompi I Batalion C Pelopor Kediri sambil meninggalkan lokasi Mapolsek Nglegok.

Baca Juga

loading...