Pencairan THR ASN Pemprov Jatim Pekan Ini

Baehaqi Almutoif

Rabu, 22 Mei 2019 - 07:45

JATIMNET.COM, Surabaya - Pemprov Jatim menargetkan pencairan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 aparatur sipil negara (ASN) bisa terealisasi pekan ini.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jawa Timur Jumadi mengatakan, pencairannya tidak akan mengalami keterlambatan.

"Sekarang dengan biro hukum sedang disiapkan, dan hari ini (draft peraturan gubernur sudah) di pak sekda. Mungkin besok (22 Mei) sudah diteken ibu gubernur," ujar Jumadi dikonfirmasi, Selasa 21 Mei 2019.

BACA JUGA: Gubernur Jatim Teken Surat Edaran soal Aturan Pembayaran THR

Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 dan 36 tahun 2019 tentang Pembayaran THR dan Gaji ke-13, pencairannya diatur menggunakan peraturan daerah. Jumadi memastikan peraturan gubernur (Pergub) itu selesai sebelum tenggat pembayaran THR ASN pada 24 Mei 2019 besok.

"Harapan kami tanggal 23 Mei sudah sampai (peraturan gubernur) ke bendahara pengeluaran di organisasi perangkat daerah, dan kemudian ditransfer dari bendahara pembantu ke rekening ASN masing-masing," ungkapnya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan memberikan THR secara simbolis kepada ASN pada 27 Mei 2019 mendatang. Dengan begitu, sebelum penyerahan simbolis, THR sudah ada dalam rekening masing-masing pegawai.

BACA JUGA: Pemprov Jatim Kebut Penyelesaian Surat Edaran THR

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur Anom Surahno mengatakan, pencairan THR ini tidak hanya ASN saja. Pegawai tidak tetap pun turut memperoleh THR, dengan mekanisme yang ada di masing-masing instansi.

"Ada tiga mekanismenya, ada yang langsung 100 persen sesuai gaji pokok atau satu kali gaji, ada yang BLUD satu kali penerimaan bulanan, dan satu lagi sesuai kemampuan (instansi) yang ngangkat. Karenanya penerimaan THR ini tidak bisa disamakan," kata Anom.

Mengenai tanggal penerimaan THR bagi pegawai tidak tetap, lanjut Anom, tidak sama setiap instansi. Hal ini tergantung kesiapan mereka mencairkannya. Namun, pencairan dilakukan antara 24-28 Mei 2019.

Baca Juga

loading...