Pemprov Jatim Siagakan 300 Bus Tambahan untuk Angkutan Lebaran

Baehaqi Almutoif

Kamis, 30 Mei 2019 - 15:19

JATIMNET.COM, Surabaya – Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur menyiapkan tambahan 300 unit bus yang disiagakan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Kepala Dishub Jawa Timur Fattah Jasin mengatakan, prediksi pemudik menggunakan bus tahun ini naik 3-5 persen. Menurutnya tambahan 300 armada bus ini sudah mencukupi.

“300 bus yang siap dioperasikan ketika nanti dibutuhkan," ujar Fattah dikonfirmasi, Kamis 30 Mei 2019.

BACA JUGA: BPJS Kesehatan Siagakan Dokter di Posko Mudik Terminal Purabaya

Pemprov Jawa Timur juga memberlakukan pergeseran trayek yang bersifat insidentil. Misalkan bus jurusan Surabaya-Ponorogo sepi, akan digeser ke tujuan yang ramai. Hal ini untuk mengurai terjadinya penumpukan penumpang pada rute-rute tertentu.

“Kami geser (trayeknya), dengan memberikan izin insidentil yang hanya berlaku pada momen tertentu dan pada saat dibutuhkan saja,”ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai belum ada lonjakan pada H-7 Lebaran. Dibandingkan mudik lebaran H-7 tahun lalu, animo masyarakat untuk mudik menggunakan bus tidak terlalu tinggi.

BACA JUGA: Lebaran Tahun Ini, Tidak Ada Extra Flight di Jatim

“Mungkin pada 1 Juni, karena besok ada yang masih sekolah dan upacara, aparatur sipil negara (ASN) juga masih ada yang upacara. Sangat mungkin titik puncak arus mudik terjadi peningkatan pada hari Minggu (2 Juni 2019)," kata Khofifah seusai sidak ke Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo.

Kendati masih sepi, namun beberapa trayek bus sudah terlihat ramai pemudik. Seperti bus jurusan Surabaya-Malang, dan Surabaya-Solo-Jogja. “Saya rasa semua bisa terantisipasi dan terprediksi dengan baik,” ungkap mantan menteri sosial itu.

Data penumpang yang berangkat dari Terminal Purabaya pada Rabu hingga pukul 23.59 WIB, tercatat ada 32.686 orang dan diangkut 1.038 bus. Untuk tujuannya, didominasi rute Surabaya-Malang, Surabaya-Solo-Yogyakarya, dan Surabaya-Probolinggo-Banyuwangi.

Baca Juga

loading...