Pemkot Surabaya Siapkan Sanksi Administrasi ASN yang Bolos Pasca Lebaran

Khoirotul Lathifiyah

Senin, 10 Juni 2019 - 14:46

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berjanji memberi sanksi administratif untuk aparatur sipil negara (ASN) yang tidak masuk tanpa izin pada hari pertama kerja pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pada acara halalbihalal yang diadakan di Taman Surya Senin 10 Juni 2019, menyebut belum bisa memastikan ada atau tidaknya ASN yang bolos.

“Baru diketahui setelah sore hari. Pagi ini tidak bisa menentukan (ASN dan OPD) yang belum masuk. Karena ada pemeriksaan dari inspektorat dan baru diketahui sorenya,” kata Risma, sapaan Tri Rismaharini, usai apel dan halalbihalal di Taman Surya Surabaya.

BACA JUGA: Hari Pertama Kerja, Pemkot Probolinggo Tutup Gerbang Pukul Delapan

Dalam kesempatan tersebut Risma meenegaskan pada hari pertama masuk kerja pasca libur Lebaran, tidak ada ASN yang masih berlibur.

Bahkan, ia memastikan Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya sudah turun ke OPD-OPD dan kecamatan serta ke kelurahan untuk mengecek kehadiran ASN dan pegawai sejak pagi.

Ia juga menyampaikan pemkot bisa memaklumi ASN atau pegawai yang tidak masuk karena alasan yang jelas seperti sakit. Namun, pemkot juga akan memastikan dan mengevaluasi alasan yang diberikan.

BACA JUGA: Hari Pertama Masuk Kerja, Menteri PANRB Pantau Kehadiran ASN

“Semuanya akan dievaluasi. Karena kan gak bisa langsung memberi sanksi kepada pegawai yang tidak masuk, kalau alasannya jelas,” Risma menegaskan.

Wali kota wanita pertama di Surabaya itu mengatakan acara halalbihalal ini merupakan agenda rutin tahunan. Seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Surabaya, termasuk Wakil Wali Kota, OPD, dan DPRD Kota Surabaya turut hadir.

“Ini agenda rutin yang digelar setiap tahun. Mungkin tidak semua ASN yang ikut, yang penting saya dan Pak Wisnu (Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana) serta jajaran DPRD menggelar halalbihalal untuk saling memaafkan,” Risma memungkasi.

Baca Juga

loading...