Pemkot Surabaya Sediakan Beasiswa untuk Anak Warga Eks Lokalisasi

David Priyasidharta
David Priyasidharta

Sabtu, 11 Mei 2019 - 10:49

JATIMNET.COM, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya menyediakan program pelatihan dan beasiswa untuk anak-anak warga eks lokalisasi prostitusi di Kota Pahlawan.

"Ada kuliah D3 di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Setelah lulus kuliah nanti akan ada perusahaan yang langsung menampung untuk kerja," kata Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Sabtu 11 Mei 2019.

BACA JUGA: Bappeko Surabaya Targetkan Tahun Ini RPJMD Tercapai 80 Persen

Risma, sapaan Tri Rismaharini yang pada Jumat 10 Mei 2019 berbuka puasa bersama warga di eks lokalisasi Dupak Bangunsari mengatakan, kalau memang diperlukan, ia akan menerbitkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota yang mengatur tentang beasiswa khusus bagi warga di eks lokalisasi.

Menurutnya, banyak program beasiswa Pemerintah Kota Surabaya yang bisa dimanfaatkan oleh warga di eks lokalisasi, termasuk program beasiswa Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan Kota Surabaya. "Ini lagi saya rancang untuk beasiswa para perawat," katanya.

Risma ingin warga di eks lokalisasi mendorong putra-putri mereka memiliki cita-cita tinggi, dan menempuh pendidikan tinggi. "Jangan anaknya disuruh mencari uang kalau belum waktunya, biar anaknya sekolah dulu. Siapa tau nantinya ada yang jadi menteri, gubernur atau pengusaha," katanya.

BACA JUGA: Surabaya: Membangun Kota, Membangun Manusia

Dengan begitu, anak-anak ini bisa mengubah hidup orang tuanya. "Tinggal mereka mau apa tidak. Kita harus percaya tidak ada yang tidak mungkin. Allah memberikan kesempatan yang sama," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa pemerintah kota akan mendata warga eks lokalisasi dan membantu mereka meningkatkan kesejahteraan. (ant)

Baca Juga

loading...