Pelindo III Dorong Boarding Pass Kapal seperti Penumpang Pesawat

Khoirotul Lathifiyah

Sabtu, 1 Juni 2019 - 15:39

JATIMNET.COM, Surabaya - VP Corporate Communication Pelindo III Wilis Aji Wiranata mengajak sejumlah operator kapal untuk mulai mengimplementasikan e-ticketing.

Bentuk penetrasi inovasi digital seperti e-ticketing ini untuk memudahkan dan meningkatkan efektivitas transportasi laut. Hal ini perlu didorong bersama-sama demi membantu para penumpang kapal laut.

BACA JUGA: Pelindo III Tambah Dua Rute Mudik Lebaran Gratis

"Dengan aplikasi e-boarding, pelayanan boarding pass akan seperti penumpang pesawat terbang dan kereta api," kata Wilis dalam rilis yang diterima Jatimnet.com, Jumat 31 Mei 2019.

Pemanfaatan teknologi digital mutlak perlu dikembangkan untuk meningkatkan layanan. Pihaknya telah menyiapkan papan informasi digital untuk jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal.

Wilis juga mengatakan selain memperbaiki sistem, pihaknya juga berupaya menambah fasilitas fasilitas gedung yang representatif. Hal ini diyakini dapat mendorong terciptanya pelayanan penumpang kapal laut yang terstandarisasi antarpelabuhan yang satu dengan yang lain.

BACA JUGA: Pelindo III Lepas Pemudik yang Tiba di Tanjung Perak

Menurutnya, kontribusi pendapatan dari segmen layanan kapal penumpang hanya minoritas. Pendapatan perseroan didominasi kontribusi segmen bongkar muat barang dan energi, serta properti.

Ia mencontohkan proyek pembangunan 12 gedung terminal penumpang yang sebagian besar di pelabuhan-pelabuhan di luar Jawa. "Sebagai BUMN bagian dari Pemerintah, Pelindo III berkomitmen memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat," kata dia.

Baca Juga

loading...