Pelajar SD Muhammadiyah Surabaya Ikuti Kompetisi Robocup Singapore 2019

Khoirotul Lathifiyah

Selasa, 26 Maret 2019 - 21:57

JATIMNET.COM, Surabaya – Belasan pelajar SD Muhammadiyah 4 Surabaya akan mengikuti kompetisi Robocup Singapore 2019 yang digelar 5 - 7 April 2019 mendatang. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Iksan menganjurkan semua guru dan alumni sekolah ini untuk melatih mental siswanya dalam menghadapi kompetisi robot tingkat internasional ini.

“Kalian harus terus mempersiapkan diri dan berlatih. Tidak boleh cepat puas, harus terus belajar dan belajar. Sehingga bisa meraih hasil optimal di kompetisi itu," kata Ikhsan saat memberikan motivasi kepada belasan siswa peserta kompetisi Robocup Singapore 2019 di Kantor Dispendik Surabaya, Selasa 26 Maret 2019.

Iksan mengatakan pelatihan mental ini sangat dibutuhkan, agar siswa percaya diri dalam menghadapi peserta dari negara lain. Menurutnya, SD Muhammadiyah 4 Kota Surabaya ini memang menonjol dalam hal prestasi robotika.

BACA JUGA: Pelajar Muhammadiyah Gresik Masuk Unair Tanpa Tes

Levelnya bukan hanya di tingkat lokal dan nasional, bahkan sudah level dunia. Oleh karena itu, ia berharap dengan mental kuat dan mental juara akan membawa keberhasilan dalam kompetisi itu.

“Kompetisi yang diikuti siswa ini akan disampaikan juga ke Ibu Wali Kota. Mudah-mudahan hasilnya memuaskan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ikhsan sempat berdialog dengan siswa, dan ternyata mereka memiliki banyak pengalaman mengikuti kompetisi robot. Ia berpesan kepada mereka agar tidak meremehkan lawan yang akan mereka hadapi.

“Mereka sudah sering mengikuti kompetisi dan juara berkali-kali, prestasi itu dipertahankan. Sekarang tugasnya menambah item juaranya, jangan sampai meremehkan,” kata Ikhsan.

BACA JUGA: Hadapi Bonus Demografi 2030, Anak Harus Kuasai Talenta Robotik

Sementara Kepala SD Muhammadiyah 4 Kota Surabaya Syaikhul Islam mengatakan pertemuan ini digelar untuk meminta doa restu, motivasi serta pembekalan kepada siswa sebelum mengikuti kompetisi.

“Jadi 15 siswa dan 10 alumni sekolah kami akan mengikuti kompetisi robot tingkat internasional,” katanya.

Syaikul berharap pertemuan ini bisa memotivasi anak-anak selama kompetisi berlangsung, sehingga dapat membawa nama baik sekolah dan Kota Surabaya dengan meraih prestasi.

Baca Juga

loading...