PDI Perjuangan Kuasai Kursi di DPRD Jawa Timur

Baehaqi Almutoif
Baehaqi Almutoif

Minggu, 12 Mei 2019 - 21:58

JATIMNET.COM, Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur telah merampungkan rekapituasi suara Pemilu 2019 di tingkat provinsi, Sabtu 11 Mei 2019.

Hasilnya, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menguasai kursi terbanyak di DPRD Jawa Timur dengan perolehan 27 kursi dari total 120 kursi di lembaga legislatif tersebut.

Dengan perolehan tersebut, PDI Perjuangan menggeser posisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang pada periode 2014-2019 memperoleh suara terbanyak di DPRD Jawa Timur.

BACA JUGA: Sosok Ra Fuad Berpengaruh Atas Kemenangan Jokowi di Bangkalan

Pada Pemilu 2019, PKB berhasil mengemas 25 kursi DPRD Jatim. Diikuti Partai Gerindra dengan 15 kursi, Demokrat 14 kursi, Golkar 13 kursi, Nasdem 9 kursi, PAN 6 kursi, PPP 5 kursi, PKS 4 kursi, Hanura 1 kursi, dan PBB 1 kursi.

Atas raihan ini, PDI Perjuangan berhak atas pimpinan dewan di Indrapura, julukan DPRD Jawa Timur.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim Kusnadi mengatakan, kemenangan yang diraih PDI Perjuangan ini patut disyukuri. Ini menandakan kepercayaan masyarakat memilih caleg-caleg PDI Perjuangan.

BACA JUGA: TKD Jatim Puas Rebut Kemenangan di Basis Prabowo 

"Alhamdulillah, rekapitulasi hasil pemilu di tingkat provinsi sudah selesai. PDI Perjuangan Jatim berhasil mendapatkan 27 kursi DPRD Jatim," ujar Kusnadi ditemui di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Minggu 12 Mei 2019.

Meningkatnya suara PDI Perjuangan di tingkat provinsi ini, lanjut Kusnadi, juga diikuti perolehan kursi DPR RI. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri mampu meraih 20 kursi dari 87 kursi yang dialokasikan. Bertambah 3 kursi dibanding pemilu sebelumnya.

"PDI Perjuangan juga berhasil menang di 17 kabupaten/kota di Jatim sehingga berhak menjadi ketua DPRD kabupaten/kota, dan 13 wakil ketua DPRD kab/kota di Jatim," kata Kusnadi.

Baca Juga

loading...