TKD Jatim Puas Rebut Kemenangan di Basis Prabowo 

Baehaqi Almutoif
Baehaqi Almutoif

Sabtu, 11 Mei 2019 - 20:23

JATIMNET.COM, Surabaya - Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma'ruf Amin Jawa Timur puas dengan perolehan suara berdasarkan penghitungan KPU Jatim yang menyatakan unggul 65,7 persen dari lawannya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang mendapat 34,3 persen suara.

Keunggulan Pasangan Calon Presiden Joko Widodo meningkat tajam dibanding Pemilu 2014 silam. Saat itu Joko Widodo yang berpasangan dengan Jusuf Kalla unggul 53,17 persen dari pasangan Prabowo-Hatta yang mendapat 46,83 persen suara.

Selain itu, pada Pilpres 2019 Joko Widodo mampu memenangi di 32 wilayah. Jumlah ini meningkat dibandingkan pada Pilpres 2014 lalu yang hanya bisa menang di 24 daerah.

BACA JUGA: Ini Hasil Lengkap Rekapitulasi Suara Capres-Cawapres di Jawa Timur

"Dulu kami di 2014 kalah di 14 wilayah. Sekarang kami sudah bisa ambil delapan wilayah. Luar biasa," ujar Ketua TKD Jawa Timur Machfud Arifin, Sabtu 11 Mei 2019.

TKD Jawa Timur sejatinya ditargetkan menang 70 persen di Jatim. Namun dengan kemenangan 65,7 persen sudah membuat Machfud Arifin puas. Jika dihitung dengan selisih kemenangan sekitar 14 juta suara, tentunya angka itu menyumbang 51 persen.

"Sebetulnya ada beberapa kemarin itu kami yang tidak boleh kalah. Tapi ya sudahlah tidak apa-apa. Yang penting Jatim sekarang sudah beri konstribusi kemenangan 51 persen kemenangan secara nasional," kata Mantan Kapolda Jatim itu.

BACA JUGA: KPU Jatim Tetapkan Hasil Rekapitulasi Pemilu 2019 Jatim

Pria kelahiran Surabaya itu sadar, Madura dan Pacitan yang menjadi basis Prabowo Subianto sangat sulit dibalikkan. Tetapi setidaknya kemenangan di Bangkalan sudah mengobati luka. Meski tiga kabupaten lain, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep Capres nomor urut 01 tersebut kalah telak.

Kemudian di Pacitan, Bondowoso dan Situbondo yang juga belum membalikkan keadaan, Machfud mengaku sudah berjuang keras. Selisih seribu suara di Situbondo tidak terlalu besar, kandati dua kabupaten lain kalah telah.

"Ada beberapa yang harus dievaluasi. Sudah menjadi basisnya Pak Prabowo di Madura sejak dulu, Bondowoso, Situbondo, dan Pacitan memang itu markasnya," katanya.

Baca Juga

loading...