Patroli Angkutan Lebaran, Basarnas Jember Evakuasi Korban Kecelakaan

Dyah Ayu Pitaloka

Rabu, 29 Mei 2019 - 16:36

JATIMNET.COM, Surabaya – Badan SAR Nasional (Basarnas) Jember mengevakuasi dua korban kecelakaan tunggal di jalur hutan Arak-arak Kabupaten Bondowoso, Rabu 29 Mei 2019. Evakuasi tersebut menjadi bagian dari patroli Siaga SAR selama angkutan lebaran 2019.

Diketahui, dalam kecelakaan itu, dua korban Ahmad (27) dan Supiati (25) asal Besuki, sedang berkendara motor.

"Tim rescuer Pos Basarnas Jember yang pada saat kejadian tengah berpatroli di jalur tersebut segera memberikan pertolongan medis pertama pada kedua korban," ungkap Asnawi Suroso, Koordinator Pos Basarnas Jember, dalam siaran pers yang diterima Jatimnet.

Asnawi menambahkan, langkah medis pertama yang dilakukan tim Pos Basarnas Jember, yaitu melakukan pemeriksaan fisik terhadap kedua orang korban, selanjutnya melakukan pembersihan luka dan pembalutan bagian tubuh yang mengalami cidera.

BACA JUGA: Siaga Lebaran, SAR Jawa Timur Apel Gelar Pasukan Serentak

Selanjutnya, kedua orang korban diantar menuju ke puskesmas Arak-arak, agar mendapatkan penanganan medis. Tim kemudian melanjutkan kegiatan patroli menuju ke Posko bersama di pelabuhan Jangkar, kabupaten Situbondo.

Patroli ini dilakukan sebagai bagian dari Siaga SAR Khusus selama masa angkutan Lebaran tahun 2019. Berdasarkan pantauan, sempat terjadi kemacetan di jalur Gumitir imbas dari satu unit truk yang mengalami patah as roda.

Namun, di hari ketujuh menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, belum ada peningkatan volume kendaraan pemudik di jalur Jember - Situbondo.

Dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran ini, tim Pos Basarnas Jember menyiagakan personel dan juga peralatan SAR, di antaranya peralatan ekstrikasi, medis dan juga evakuasi guna mengantisipasi bila ada kejadian kecelakaan.

BACA JUGA: Basarnas Siagakan SAR Angkutan Lebaran di Jawa Timur

"Dengan menyagakan personel dan peralatan SAR ini, diharapkan dapat membantu menghadirkan rasa aman dan nyaman pada para pemudik selama merapayakan Idul Fitri 1440 H," ujar Asnawi.

Baca Juga

loading...