Siaga Lebaran, SAR Jawa Timur Apel Gelar Pasukan Serentak

Dyah Ayu Pitaloka

Senin, 27 Mei 2019 - 14:53

JATIMNET.COM, Surabaya - Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya melaksanakan apel gelar pasukan siaga lebaran 2019 dalam rangka kesiapan mendukung keselamatan selama arus mudik di Jawa Timur, Senin 27 Mei 2019.

Dipimpin oleh Kepala Kantor SAR Surabaya, Prasetya Budiarto, apel khusus siaga lebaran Idul Fitri 1440 Hijirah ini dimulai pukul 08.00 WIB.

Prasetya mengingatkan seluruh personil agar selalu menjaga kesehatannya selama siaga yang dilakukan dari H-7 hingga H+7 lebaran, dalam siaran pers yang diterima Jatimnet.

Tujuan siaga lebaran kali ini adalah untuk mewujudkan pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman, dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait dalam pemantauan jalur mudik angkutan lebaran secara aman, nyaman, dan terkendali.

BACA JUGA: Basarnas Siagakan SAR Angkutan Lebaran di Jawa Timur

Dalam apel ini tidak hanya personil saja yang dipersiapkan, tetapi juga sarana dan prasarana yang digunakan selama siaga lebaran berlangsung.

Pempimpin Apel melakukan pengecekan personil, tenda posko, Rubber Boat, Motor Trail, Beach Patrol, Rapid Land, Rescue Carrier, Rescue Car, Rescue Truck, dan Truck Water Treatment, di lapangan apel Kantor SAR Surabaya.

Selain Alat Utama darat, Kantor SAR Surabaya akan menyiagakan ALUT laut yaitu KN (Kapal Negara) SAR 225 Widura dan KN SAR Srikandi serta ALUT udara yakni satu unit helikopter di Lanudal Juanda.

Tidak seperti siaga harian biasanya, dalam siaga khusus lebaran ini dibuat 12 titik posko yang tersebar di Jawa Timur dan siaga patroli di ruas jalan tol yang ada di Jawa Timur.

BACA JUGA: Tenggelam di Bajul Mati, Dua Warga Sidoarjo Ditemukan Meninggal

Apel diakhiri dengan uji coba armada di jalan sekitar Kantor SAR Surabaya hingga ke bundaran tol Waru dan kembali lagi ke kantor.

Kegiatan yang sama juga dilakukan oleh masing-masing pos SAR di Jawa Timur yaitu Pos SAR Jember, Pos SAR Trenggalek, dan Unit Siaga Banyuwangi.

Baca Juga

loading...