JATIMNET.COM, Surabaya - Ada yang menarik dari hasil riset Surabaya Survey Center (SSC), Rabu 9 Januari 2019. Meski Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno melakukan penetrasi secara intensif kepada para emak-emak dalam tiap kunjungan ke seluruh Indonesia, ia belum bisa mendapatkan hasil maksimal.

Lihat saja hasil surveinya di Jawa Timur. Di kalangan responden emak-emak, Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40 persen suara. Sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin mengantongi 50 persen suara dengan 10 persen undecided voters (Belum menentukan pilihan). Namun pasangan yang diusung koalisi empat partai; Gerindra, PKS, PAN dan Demokrat, ini justru meraih ceruk suara lumayan tinggi di kalangan penganggur.

"Sementara di kalangan penganggur, Prabowo-Sandiaga Uno unggul dengan 55 persen dan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya mendapatkan 35,5 persen dengan 9,5 persen undecided voters," kata peneliti SSC Elis Yusniawati dalam rilis hasil survei di Hotel Yello Jemursari, Surabaya.

BACA JUGA:

Undecided Voters 12 Persen, Peluang Jokowi-Prabowo Sama Di Jatim

Di Jatim Sandi Lebih Diterima Daripada Eks-Rois Aam PBNU

Lebih lanjut Elis memaparkan, Prabowo dan Sandi juga menang tipis di kalangan non-pekerja, yakni pelajar atau mahasiswa. "Keduanya mendapatkan 48,2 persen sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin mengantongi 42,8 persen dengan 9 persen undecided voters," katanya.

Potret berkebalikan saat survei dilakukan di kalangan buruh atau pekerja. Untuk kalangan buruh, Jokowi-Ma’ruf Amin masih unggul dengan 60 persen sementara Prabowo-Sandiaga Uno mengantongi 28,5 persen dengan undecided voters sebesar 11,5 persen. Lalu, di kalangan petani dan peternak serta nelayan, Jokowi-Ma’ruf Amin juga lebih diterima dengan perolehan 46,7 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno meraih 40,9 persen dengan 12,4 persen undecided voters.

Bagaimana dengan kalangan pensiunan dan ASN? Menurut Elis, di dua latar belakang itu, Jokowi-Ma’ruf Amin lebih unggul. "Di kalangan pensiunan, Paslon nomor 01 mendapatkan 55,5 persen dan nomor 02 meraih 35,5 persen dengan 9 persen undecided voters," ujarnya.

Untuk ASN atau pamong desa, 52,5 persen mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin dan 37,5 persen memilih Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10 persen undecided voters. Terakhir, kalangan wirausaha kecil, mereka sebanyak 48,3 persen memilih Jokowi-Ma’ruf Amin dan 41,2 persen mendukung Prabowo-Sandiaga Uno dengan 10,5 persen undecided voters.

Hasil survei yang dirilis oleh SSC pada kesempatan ini berdasarkan pada survei yang dilaksanakan mulai 10-20 Desember 2018 di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Riset yang dilakukan menggunakan 1.070 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.