Undecided Voters 12 Persen, Peluang Jokowi-Prabowo Sama di Jatim

Muhammad Taufiq

Kamis, 10 Januari 2019 - 08:46

JATIMNET.COM, Surabaya - Dalam riset yang dirilis Surabaya Survey Center (SSC) pada Rabu 9 Januari 2019, elektabilitas pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin masih unggul di Jawa Timur dibanding Capres dan Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Dalam survei yang dilakukan secara tertutup tersebut, Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengantongi 55,9 persen suara. Sementara untuk pasangan Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan 32,1 persen suara. "Sebanyak 12 persen sisanya masih merupakan undecided voters," kata Direktur SSC Mochtar W. Oetomo dalam paparan hasil risetnya di Hotel Yellow, Jemursari, Surabaya.

Perolehan suara itu menunjukkan apabila pilpres dilakukan saat ini, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin bisa dipastikan menang di Jawa Timur. "Tapi, karena pemilu masih Bulan April, dengan perolehan undecided voters yang mencapai 12 persen dan margin of error sebanyak 3 persen maka semuanya masih sangat mungkin terjadi," katanya.

BACA JUGA : Di Jatim Sandi Lebih Diterima Daripada Eks-Rois Aam PBNU

"Pasangan Prabowo-Sandiaga Uno masih mungkin mengejar ketertinggalan yang ada pada data saat ini. Meski tidak bisa dimungkiri pula saat ini pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin memimpin kontestasi dengan jarak yang cukup jauh," ujar Mochtar lebih lanjut.

Hasil ini didasarkan pada survei yang dilaksanakan mulai 10-20 Desember 2018 di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur. Riset yang dilakukan menggunakan 1.070 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebesar 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Adapun untuk tingkat popularitas dan akseptabilitas capres dan cawapres, Jokowi lagi-lagi mengungguli Prabowo dengan 97,7 persen popularitas dan 89,2 persen untuk akseptabilitas. Sementara Prabowo mengantongi 94,5 persen popularitas dan 75,5 persen untuk akseptabilitas. 

Untuk cawapres, KH Ma’ruf Amin mendapatkan 72,2 persen popularitas dan 60,8 persen untuk akseptabilitas. "Sedangkan Sandiaga Uno, meraih 71,6 persen popularitas dan 62,6 persen untuk akseptabilitas," ujarnya menegaskan.

Baca Juga

loading...