Indonesia Mungkin 'Punah' Kalau Turun Peringkat FSI

Muhammad Taufiq

Selasa, 1 Januari 2019 - 15:03

JATIMNET.COM - Kalau ingin tahu apakah Indonesia bakal bubar atau punah, ada baiknya melihat hasil riset Found for Peace (FFP), organisasi penelitian dan pendidikan non-profit yang bermarkas di Washington DC, Amerika Serikat. Dalam laporan terbarunya soal indeks negara-negara rapuh, Fragile States Indeks (FSI) 2018, FPP menempatkan Indonesia di peringkat 87 dari 177 negara yang masuk dalam riset.

Indikator-indikator negara gagal dalam laporan itu disusun dengan meliput variabel-variabel Sosial, Ekonomi, dan Politik. Dalam laporannya, peringkat negara-negara tersebut dibagi dalam empat tingkatan (level). Level tertinggi yakni Sustainable (Berkelanjutan) dengan sekor 10 sampai 30, kemudian Stable (Stabil) dengan sekor 40 sampai 60, level Warning (Peringatan) dengan sekor 70 sampai 90, terakhir level Alert (Waspada) dengan sekor 100 sampai 120.

Ada pengelompokkan atau klasifikasi dalam setiap level tersebut. Untuk level Sustainable diklasifikasikan menjadi dua: Very Sustainable dan Sustainable. Kemudian Stable dikelompokkan menjadi tiga, mulai dari Very Stable, More Stable dan Stable. Berikutnya level Warning dikelompokkan menjadi Warning, Elevated Warning dan High Warning. Terakhir level Alert dikelompokkan menjadi Alert, Hight Alert dan Very High Alert.

Dalam riset FFP 2018, ada 27 negara yang masuk dalam level Sustainable. Rata-rata negara yang masuk di sini berasal dari Eropa. Empat negara teratas (Very Sustainable) adalah: Finlandia dengan sekor (17.9), Norwegia dengan sekor (18.3), Swiss (19.2) lalu Denmark (19.8). Amerika Serikat sendiri masuk di level Very Stable dengan sekor (34.3) di bawah Slovenia (30.3), Singapura (30.4) dan Prancis (32.2).

Bagaimana dengan posisi Indonesia? Dalam riset itu Indonesia berada di level Warning dengan sekor (72.3). Posisi peringkat Indonesia ini di bawah empat negara ASEAN lainnya; Singapura dengan sekor (30.4) dan Brunei Darussalam dengan sekor (59.8) di level Stable. Lalu Malaysia dengan sekor (63.6) dan Vietnam (68.4) di level Warning.

FSI merupakan sebuah laporan tahunan yang diterbitkan FFP dan majalah Amerika Foreign Policy sejak 2005. Daftar ini bertujuan untuk menilai kerentanan negara terhadap konflik atau kekacauan, dengan memberikan peringkat kepada semua negara-negara berdaulat yang menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dimana ada cukup data yang tersedia untuk dianalisis.

Untuk lebih detailnya, lihat laporan FFP di bawah ini:

Fragile States Index Annual Report 2018

The Fund for Peace

Baca Juga

loading...