Opera Luncurkan Opera GX, Browser untuk Pemain Game Online

Hari Istiawan

Reporter

Hari Istiawan

Rabu, 12 Juni 2019 - 07:21

JATIMNET.COM, Surabaya - Opera Software, perusahaan di balik browser Opera meluncurkan versi kustom dari browsernya yang didedikasikan untuk para pemain game online dan pengguna streaming.

Laman Zdnet.com melaporkan, browser Opera GX ini dilengkapi dengan fitur khusus yang memungkinkan pengguna membatasi akses browser ke sumber daya komputer seperti CPU (prosesor) dan RAM (memori).

Idenya adalah untuk menyediakan gamer dengan cara menavigasi web sambil menyisakan sumber daya yang tersedia untuk game atau aplikasi streaming yang dapat berjalan bersamaan.

BACA JUGA: Didukung NFC, Hari ini Xiaomi Luncurkan Mi Band 4

"Menjalankan game mungkin membutuhkan banyak upaya dari mesin Anda. Terlebih lagi jika Anda streaming saat Anda bermain," kata Maciej Kocemba, direktur produk Opera GX, dikutip Jatimnet.com, Rabu 12 Juni 2019.

"Sebelum Opera GX, gamer sering mematikan browser mereka agar tidak memperlambat permainan game mereka. Kami datang dengan fitur GX Control untuk membuat game orang berjalan lebih lancar tanpa mengharuskan mereka untuk berkompromi dengan apa yang mereka lakukan di web," katanya.

Selain GX Control Panel yang memungkinkan pengguna mengelola batas penggunaan CPU dan RAM, Opera GX juga hadir dengan integrasi Twitch, artinya pengguna dapat masuk ke akun Twitch mereka melalui bilah sisi browser.

BACA JUGA: Samsung Siapkan Smartwatch 5G Pertama

Masuk ke layanan melalui bilah samping telah menjadi fitur lama, tetapi sampai sekarang, hanya mendukung layanan seperti WhatsApp, Facebook Messenger, VK, dan Telegram.

Selain itu, browser Opera GX juga akan menampilkan desain baru yang menggunakan highlight mirip neon untuk elemen UI utama browser. Sorotan neon dapat disesuaikan, dan pengguna dapat menyihir dari standar merah ke warna sorot lain pilihan mereka.

Lebih lanjut, tim Opera GX juga telah menambahkan efek suara yang terinspirasi game ke antarmuka browser dan bisa dimatikan jika dirasa mengganggu.

BACA JUGA: Begini Rasanya Streaming Pakai Jaringan 5G di Inggris

Dan yang tak kalah pentingnya, karena ini adalah browser untuk pemain game online dan pengguna stremaing, tautan default berita dan tautan halaman peramban juga telah disesuaikan untuk menyertakan tujuan favorit gamer, seperti Twitch, YouTube, Discord, dan situs berita yang berfokus pada game .

Secara keseluruhan, Opera GX mencakup semua fitur yang ada di browser desktop utama Opera, saat ini digunakan oleh lebih dari 65 juta pengguna. Ini termasuk pemblokir iklan bawaannya, dukungan untuk sembulan video yang dapat dilepas, dan VPN bawaan.

Karena Opera GX pada dasarnya adalah versi yang lebih keren dari distribusi Opera standar, sehingga tidak ada downgrade ketika beralih ke rilis baru Opera. Ditambah dengan penambahan CPU dan RAM limiter, Opera GX memiliki potensi menggambar tidak hanya pengguna Opera, tetapi pengguna dari vendor browser lain juga.

Baca Juga

loading...