Ngabuburit Asyik di Tepi Pantai Bohai Probolinggo

Zulkiflie

Reporter

Zulkiflie

Selasa, 7 Mei 2019 - 18:57

JATIMNET.COM, Probolinggo – Berada di sisi sebelah barat areal pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Paiton, Pantai Bohai, Probolinggo, waktu yang tepat untuk ngabuburit (menghabiskan waktu menunggu azan maghrib).

Di lokasi tersebut memiliki pemandangan laut yang cukup indah saat matahari terbenam (sunset). Selain warna lautnya yang membiru, lokasi tersebut sangat asri dengan hijaunya rimbunan pepohonan di tepian pantai.

Pantai Bohai diambil dari kata Binor Harmony, makin terlihat cantik, saat kerlap-kerlip lampu di PLTU Paiton memancarkan ke sekitar pantai setempat.

Pantai Binor Harmony, terletak di Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Lokasinya sangat mudah dijangkau, karena terletak di sisi utara jalur Pantura Probolinggo-Situbondo, atau tepatnya utara Masjid An Nur PLTU Paiton.

BACA JUGA: Empat Tempat Ngabuburit di Surabaya yang Asik dan Seru

Selain panorama alam, di Pantai Bohai juga disuguhkan spot-spot menarik yang meliputi rumah apung, terumbu karang, rumah ikan, donat boat, speed boat, snorkling, diving, mancing dan mangrove.

Pengelola Pantai Bohai, Komar mengatakan, sedikitnya ada sekitar lima ratus hingga seribu pengunjung per harinya. Utamanya saat momen Ramadan ini, mereka datang setiap sore hari sambil ngabuburit.

“Momen Ramadan ini banyak yang berkunjung sore hari, biasanya mereka ngabuburit dan saat azan maghrib baru pulang. Mayoritas warga sekitar yang ngabuburit,” terangnya kepada Jatimnet, Selasa 7 Mei 2019.

Sementara bagi pengunjung yang masih betah berlama-lama di Pantai Bohai, bisa berbuka puasa di sekitar pantai. Sebab di lokasi tersebut tersedia penjual ikan bakar yang harganya cukup terjangkau.

BACA JUGA: Jemaah Islam Aboge di Probolinggo Baru Puasa Besok

Untuk satu porsi ikan bakar plus nasi, hanya seharga Rp 30 – Rp 50 ribu per ekor tergantung ukuran.

Indahnya pemandangan di Pantai Bohai diakui Nur Khofifah salah seorang pengunjung pantai setempat. Selain lautnya indah, suasana alam yang masih asri membuatnya betah berlama-lama di Pantai Bohai.

“Pantainya bagus, apalagi banyak spot di sekitarnya yang Isntagramable, bagus untuk swafoto. Apalagi saat malam hari, cahaya lampu di sekitar PLTU Paiton terlihat indah,” terangnya.

Sekadar informasi, untuk saat ini pengunjung yang berlibur ke Pantai Bohai masih belum dikenai tarif, atau gratis. Hanya saja pengunjung yang membawa kendaraan, dibebani biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan mobil Rp 5.000.

Baca Juga

loading...