Netflix Hapus Fitur Airplay 2 Pasca Apple TV Dirilis

Nani Mashita

Senin, 8 April 2019 - 15:32

JATIMNET.COM, Surabaya - Netflix diduga menghilangkan fitur AirPlay 2 sebagai bagian "perang" dengan Apple TV Plus yang baru-baru ini diluncurkan. Netflix beralasan, jika hilangnya fitur tersebut karena kendala teknis.

Laman bantuan Netflix untuk perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch, memuat peringatan jika mereka tak lagi mendukung untuk disambungkan lewat AirPlay.

"AirPlay tidak lagi mendukung untuk digunakan bersama Netflix karena keterbatasan teknis," kata Netflix dalam laman tersebut, dilansir dari Theverge.com, Senin 8 April 2019.

Netflix membenarkan telah menghapus fitur AirPlay, namun tidak menjelaskan mengapa mereka menarik fitur tersebut.

BACA JUGA: Rivalitas Apple TV Plus vs Netflix Dimulai

Satu-satunya alasan yang diberikan adalah, ingin memberikan pengalaman menonton yang lebih baik.

"Kami ingin memastikan anggota kami memiliki pengalaman Netflix yang baik di perangkat apa pun yang mereka gunakan. Dengan dukungan AirPlay ke perangkat ketiga, kami tidak memiliki cara untuk membedakan perangkat (mana yang Apple TV, mana yang bukan), atau menguatkan pengalaman ini," kata Netflix.

"Untuk itu, kami memutuskan tidak melanjutkan dukungan Netflix AirPlay, untuk memastikan standar kualitas kami terpenuhi. Anggota tetap dapat mengakses Netflix melalui aplikasi built-in di Apple TV, maupun perangkat lainnya," lanjut mereka.

Secara singkat,  pengguna set-top box Apple TV tidak lagi dapat menggunakan Netflix.

BACA JUGA: Apple Rilis iPad Pertama Pekan Ini 9 Tahun Lalu

Perang dingin Netflix melawan Apple makin panas, dengan peluncuran Apple TV Plus.

Netflix memutuskan tidak menjadi bagian layanan itu, dan memilih untuk tetap menjadi pesaing. Spekulasi berkembang menyebut, Netflix ingin memastikan pelanggannya tidak berpindah ke Apple TV Plus. 

Sebagai aplikasi streaming populer dunia, Netflix menjadi sebuah ikon yang menginspirasi. Dengan film yang bervariasi dan asli, Netflix juga punya konten besar yang mudah digunakan. Netflix menjadi semacam ikon menonton yang dikultuskan

Namun, tahta Netflix saat ini memang sedang terancam dengan kehadiran Apple TV Plus.

BACA JUGA: Lebarkan Sayap, Apple Rilis Layanan TV dan Kartu Kredit

Saat launching 26 Maret 2019 lalu, sejumlah seleb tersohor datang, seperti Oprah Winfrey dan Steven Spielberg. Program ini akan dinikmati melalui aplikasi khusus, bagi 1,4 miliar pengguna Apple di seluruh dunia, serta pemilik gawai lain.

Layanan lain yaitu Apple News+, langganan berbayar untuk sekitar 300 majalah, termasuk National Geographic, People, Popular Science, Billboard, dan The New Yorker.

Harga langganannya sebesar USD 9.99 per bulan. Di saat yang sama, Apple juga merilis kartu kredit, video gim digital, dan berlangganan ratusan majalah di dalam aplikasinya.

Baca Juga

loading...