Apple Rilis iPad Pertama Pekan Ini 9 Tahun Lalu

Dyah Ayu Pitaloka

Minggu, 7 April 2019 - 23:12

JATIMNET.COM, Surabaya – Pendiri Apple Steve Jobs memperkenalkan iPad Januari 2010, namun penjualannya baru dimulai pada 3 April.

Jobs menyebut iPad kala itu sebagai “gawai dengan teknologi terdepan, ajaib dan revolusioner”. Hingga kini iPad terus berevolusi, meskipun tidak sebesar prediksi Jobs.

Salah satu hal yang konsisten sejak diperkenalkan sembilan tahun lalu adalah, kemudahan untuk mengoperasionalkan dan memahami iPad.

iPad tetap dalam bentuk gawai layar sentuh berukuran serupa, dan beradaptasi dengan beragam aplikasi yang mungkin digunakan pembeli, dilansir dari Engadget, Minggu 7 April 2019.

BACA JUGA: Rivalitas Apple TV Plus vs Netflix Dimulai

iPad juga telah mengalami perubahan signifikan sejak 2010. Seri pertama dirasa kurang bertenaga. Prosesor tunggal, chip A4 dipasangkan dengan 256 MB RAM, dengan pembaharuan software terakhir disediakan tahun 2011. Sebuah hal yang cukup memalukan.

Pada iPad 2, desain luaran mengalami perbaikan.

iPad pertama memiliki bobot 1,5 pon, cukup berat jika dijinjing terlalu lama. iPad 2 tampil lebih ringan dan slim, serta cover penutup layar.

Gawai ini juga menggunakan prosesor dual-core chip A5, dan RAM ganda. Spesifikasi yang membuat penjualan iPad 2 bertahan selama tiga tahun, dan tetap menyediakan update software hingga 2016.

BACA JUGA: Lebarkan Sayap, Apple Rilis Layanan TV dan Kartu Kredit

Perusahaan bahkan menambahkan kamera, sehinga menempatkan iPad sebagai gawai cocok untuk video dan chatting.

Tentunya, Apple telah membuat beberapa kejutan dalam formula iPad sejak pertama diluncurkan. Ada model dengan layar yang lebih kecil ataupun lebih besar, dan semuanya memiliki resolusi lebih tinggi, dibanding versi awal.

Model baru juga bisa dioperasikan dengan stylush, juga keyborad portabel. iOS bisa menjalankan sejumlah aplikasi berbeda dalam waktu yang sama. Bahkan, iPad menyediakan browser sendiri.

Meskipun perbaikan terus dilakukan, namun penjualan iPad tak sebaik iPhone. Puncak penjualan terjadi pada 2013, mencapai 26 juta dan kemudian terus menurun.

BACA JUGA: Apple Rilis iPhone 11 September Untuk Dongkrak Penjualan?

Apple kemudian berhenti mengabarkan keuntungan dan penjualan berdasarkan produk, sehingga tak bisa diketahui berapa penjualan iPad sekarang.

Namun rilis terakhir Apple pada November 2018, menunjukkan jika perusahaan menjual 10 juta iPad setiap empat bulan, dengan pembelian terbesar di sekitar liburan.

Hal ini bukan berarti iPad telah gagal, data terakhir Apple, menunjukkan pendapatan mencapai USD 4 miliar hanya dari iPad. Jumlah itu jauh dibawah penjualan iPhone, dan layanan Apple lainnya, namun tetap menjadi capaian kesuksesan finansial Apple yang penting.

iPad pun tetap menjadi produk penting bagi Apple, diluar penjualan dan keuntungan. Sebab, membuat iPad adalah ambisi Steve Jobs selama karirnya.

BACA JUGA: Ritel Online Cina Banting Harga iPhone XS

“Apa yang ingin kami lakukan adalah untuk membuat komputer yang menakjubkan, dalam sebuah buku, yang bisa dibawa kemanapun, dan dipelajari cara menggunakannya selama 20 menit,” kata Jobs di tahun 1983.

“Dan kami ingin melakukannya dengan menggabungkan link radio di dalamnya, sehingga kamu tak perlu bergantung pada yang lain, dan kamu bisa berkomunikasi dengan beragam  pusat data yang besar, dan komputer lain,”.

Itu menjadi deskripsi yang hampir sempurna untuk iPad.

Bagi perusahaan yang berusaha menempatkan kesederhanaan dan kegunaan, dalam pengalaman pengguna, tidak begitu susah melihat iPad terus berlanjut menjadi gawai komputer yang menggoda-meskipun tidak semua orang bersepakat dengan ini.

Baca Juga

loading...