Minggu Depan Pemkot Surabaya Resmikan Terowongan Mayjen Sungkono

Khoirotul Lathifiyah

Selasa, 7 Mei 2019 - 11:15

JATIMNET.COM, Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan resmikan underpass Satelit Mayjend Sungkono pada 14 Mei 2019 mendatang. Saat ini, proses pembangunan underpass dalam tahap pemadatan tanah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, setelah pemadatan, rencananya underpass tersebut bisa segera diresmikan.

“Kemarin teman-teman PT.PP sebagai pemegang proyek sudah menyampaikan ke saya, katanya sudah siap diresmikan. Karena sekarang sedang tahap pemadatan pengerjaan rigid,” kata Eri saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Selasa 7 Mei 2019.

Ia mengaku, sebelumnya pengerjaan underpass sepanjang 500 meter di Surabaya Barat ini sempat mundur karena terkendala beberapa faktor, seperti kondisi cuaca hujan, dan jaringan pipa PDAM.

BACA JUGA: Underpass Mayjen Sungkono Menyisakan Saluran Air

Pembangunan ini beberapa kali molor dari target. Proyek pemecah kemacetan di Surabaya Barat dimulai awal September 2016.

Proyek senilai Rp 80 miliar itu sempat mandek akibat tidak ada anggaran dari para pengembang.

Lalu, pada 2018, pembangunan dimulai lagi dan ditarget selesai. Namun kendala hujan dituduh menjadi biang molornya pembangunan, sehingga target selesai mundur hingga Maret 2019. Target terakhir kembali molor, kali ini akibat kendala pipa PDAM.

Sekarang, proyek kembali dilanjutkan dan ditarget selesai Mei 2019.

BACA JUGA: Pemkot Surabaya Gali Terowongan Antara Terminal Joyoboyo-KBS

Sebelum underpass Satelit terselesaikan, pemkot telah mempersiapkan proyek underpass di Joyoboyo dan Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Eri memastikan, jika kendala titik lokasi pembangunan underpass dari terminal terintegrasi Joyoboyo ke KBS telah ditanggulangi.

“Kami gunakan tanah KBS supaya tidak perlu lama prosesnya,” tutupnya.

Baca Juga

loading...