Menghafal Alquran, Cara Bara Membahagiakan Orang Tuanya

Khoirotul Lathifiyah

Kamis, 16 Mei 2019 - 18:58

JATIMNET.COM, Surabaya - Baraka Noerwi bertekad menghafalkan Alquran untuk membahagiakan kedua orang tuanya. Siswa kelas 4 SD Muhammadiyah 4 Surabaya itu kini telah mampu menghafal tiga juz yakni juz 30, 1, dan 2.

"Orang tua saya ingin dan saya juga ingin membahagikan mereka tanpa paksaan. Saya sendiri yang mau jadi hafiz," ujar anak laki-laki yang akrab disapa Bara, Kamis 16 Mei 2019.

Bara mulai belajar menghafal Alquran sejak duduk di bangku kelas 1 SD. Seminggu dua kali dia mengikuti les hafalan Quran. "Seminggu dua kali ini di hari Senin dan Rabu mulai setengah lima sore sampai setengah enam sore," cerita Bara.

BACA JUGA: Ramadan, PMI Ponorogo Buka Stan Donor di Masjid

Saat di sekolah, lanjut Bara, ia juga belajar hafalan mulai pukul 15.00 sampai 17.00 WIB. Semua ia lakukan untuk dapat menambah hafalannya.

Tak cukup hanya di tempat les dan sekolah saja, ia juga melanjutkan hafalannya di rumah mulai pukul 20.00-22.00 WIB bersama orang tuanya. "Saya senang melakukannya dan tanpa dipaksa," katanya.

BACA JUGA: Bacaan Niat Iktikaf di Bulan Ramadan Agar Pahala Berlipat

Menghafal Alquran, kata Bara, kendati bukan hal yang mudah tetapi bukan tidak mungkin. Ia merasa kesulitan ketika menghafal ayat yang panjang. "Tapi karena orang tua selalu mendukung, saya bisa melewatinya," imbuhnya.

Semangat dan kegigihannya belajar menghafal mengantarnya meraih prestasi di beberapa perlombaan hafiz yang diikutinya. "Saya pernah juara tiga olimpiade Al Islam se-Surabaya, juga pernah juara tiga lomba Islam dan kemuhammadiyahan," ungkapnya.

Selain menghafal Alquran, Bara juga menyukai belajar bahasa Inggris dan sains. Ia bercita-cita untuk menjadi astronot agar bisa pergi ke bulan. "Tapi menghafal Alquran jadi tujuan utama," katanya.

Baca Juga

loading...